PENGARUH MODIFIKASI BOLA TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

YESY NOVIA KRESNAMURTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0667

Abstract

ABSTRAK Yesy Novia Kresnamurti. NPM : 11.1.01.09.0667. “Pengaruh Modifikasi Bola Terhadap Hasil Belajar Lay Up Dalam Pembelajaran Bola Basket Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015”. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Modifikasi alat, Hasil belajar, Lay up bola basket Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Pembelajaran mengandung makna adanya kegiatan mengajar dan belajar, di mana pihak yang mengajar adalah guru dan yang belajar adalah siswa yang berorientasi pada kegiatan mengajarkan materi yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa sebagai sasaran pembelajaran. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modifikasi bola terhadap hasil belajar lay up dalam pembelajaran bola basket pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Agar tidak meluas dan menyimpang dari masalah penelitian maka perlu diadakan batasan masalah, dan adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Pengaruh modifikasi bola basket terhadap hasil belajar lay up dalam pembelajaran bola basket, materi yang diberikan adalah tehnik dasar lay up, populasi yang diambil adalah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh modifikasi bola terhadap hasil belajar lay up dalam pembelajaran bola basket pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan melakukan lay up. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu: uji normalitas dan uji homogenitas dan hasilnya adalah normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Terdapat pengaruh modifikasi bola terhadap hasil belajar lay up dalam pembelajaran bola basket siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri. 2). Adanya perbedaan setelah di berikan perlakuan, dengan hasil yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-09-01

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI