PENGARUH METODE PEMBELAJAR GUIDE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAK BOLA SISWA PUTRA SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

UNTUNG MULYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0659

Abstract

ABSTRAK Untung Mulyono. NPM. 11.1.01.09.0659. Skripsi: “Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015”. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Pembelajaran sepakbola di sekolah bertujuan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani dan keterampilan gerak dasar. Hal ini beralasan, karena usia sekolah merupakan usia yang paling tepat untuk memberatkan pembinaan terutama sepakbola. Penguasaan teknik dasar permainan sepakbola yang baik dan benar menjadi dasar untuk mengembangkan kualitas yang tinggi dalam permainan. Salah satu cara agar pembelajaran sepakbola di sekolah tersampaikan dengan baik, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran teknik dasar sepakbola adalah metode guide discovery. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepakbola pada siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepakbola pada siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penggunaan metode ini dilakukan dengan melakukan kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan tes awal (pre test) dilanjutkan dengan perlakuan terhadap subjek (treatment) dan diakhiri dengan tes untuk menguji seberapa jauh akibat dari perlakuan yang diberikan (pos test). Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Ada pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil pembelajaran sepakbola pada siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015. Metode guide discovery memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap hasil pembelajaran menggiring bola dalam olahraga permainan sepakbola pada siswa putra khususnya siswaI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015. Kata Kunci: Pembelajaran guide discovery, hasil belajar sepakbola

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-06-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI