MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI LATIHAN BARRIER HOPS (LOMPAT RINTANGAN) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I MOJOROTO TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
UMAR SAID
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0658
Abstract
ABSTRAK
Umar Said : Meningkatkan kemampuan lompat jauh melalui latihan barrier hops (lompat rintangan) pada siswa kelas V SD Negeri I Mojoroto Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Kemampuan Lompat Jauh, Latihan Barrier Hops.
Permasalahan yang akan dicari jawabannya pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode latihan lompat barrier hops dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri I Mojoroto?
Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Mojoroto sebanyak 15 siswa yang terdiri dari laki-laki 7 orang dan perempuan 8 orang. Indikator kinerja secara klasikal adalah 80% dan secara individu 75. Jika sudah mencapai target yang direncanakan dianggap berhasil dan selesai.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan/observasi siswa dan guru, serta evaluasi materi yang akan diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitataif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan pada kemampuan lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri I Mojoroto dari rata-rata nilai pada observasi awal 62,75%, pada siklus I menjadi 73,92% dan siklus II 81,33%.