PENGARUH METODE BELAJAR GUIDE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN 2015
Author (Penulis)
SITI UMAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0636
Abstract
ABSTRAK
Siti Umaroh. NPM. 11.1.01.09.0636. Skripsi: “Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015”. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Pengaruh metode pembelajaran guide discovery, hasil belajar sepakbola
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada “Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepakbola pada siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015”.
Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepakbola pada siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015.
Penelitian ini akan dilaksanakan di lapangan olahraga SMK PGRI 4 Kota Kediri pada saat pembelajaran penjasorkes yaitu bulan Pebruari 2015, dengan frekuensi 2 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan dalam penelitian. Data harus betul-betul jujur, yakni kebenarannya harus dapat dipercaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran. Ada berbagai macam tes yang dapat digunakan untuk mengetahui prestasi seseorang atau kelompok. “Tes merupakan alat yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data dari suatu objek yang akan diukur” (Nurhasan, 2001: 1).
“Instrumen penelitian sebagai alat pengumpul data” (Nana dan Ibrahim, 2009: 99). Keberhasilan penelitian banyak ditentukan oleh instrumen yang digunakan, sebab data yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian (masalah) dan menguji hipotesis diperoleh melalui instrumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menggiring bola dengan mengunakan metode guide discovery dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh = 9,482 kemudian dibandingkan dengan . Harga pada taraf signifikansi 5% dengan db = adalah sebesar 2,045. Sehingga atau 9,482 2,045. Karena tidak jatuh di wilayah terima , maka keputusan yang diambil adalah menolak dan menerima . Kesimpulannya adalah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar teknik dasar sepak bola pada siswa putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015.