PENGARUH PENGGUNAAN MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA SMKN 1 GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2016


Author (Penulis)

Reni Maharani
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0623

Abstract

ABSTRAK Reni Maharani, NPM: 11.1.01.09.0623 Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa SMKN 1 Grogol Kabupaten Kediri Tahun 2016, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UN PGRI Kediri 2016. Kata kunci : Modifikasi, Media pembelajaran, Passing atas, Bolavoli Pendidikan jasmani adalah proses interaksi sistematik antara anak didik dan lingkungan yang disekolah melalui pengembangan jasmani secara efektif dan efisien menuju pembentukan manusia yang seutuhnya. Dengan demikian, pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruan yang menunjang perkembangan gerak melalui gerak fisik atau gerak insani. Sebagai lazimnya pendidikan secara umum, melaksanakan pendidikan jasmani di sekolah diupayakan dapat memberi perubahan pada anak didik, sebagai pusat dalam proses belajar mengajar, karena melalui pendidikan jasmani dapat ditanamkan sikap-sikap positif pada diri anak didik dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan penerapan modifikasi pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa senang serta lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah, sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat dicapai. Hal ini yang menjadi latar belakang dari peneliti untuk mencoba menerapkan modifikasi dalam pembelajaran permainan bolavoli passing atas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran dengan diberikan perlakuan. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain control group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMKN 1 Grogol Kediri tahun 2016 diambil sebanyak 9 kelas yang berjumlah 270 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara Clusster Random sampling dengan cara undian sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran passing atas bolavoli dengan modifikasi media pembelajaran pada siswa kelompok eksperimen secara signifikan lebih baik dari pada pembelajaran yang diberikan pada siswa kelompok kontrol. Hasil uji beda antar kelompok menunjukan bahwa nilai thitung 2,432 > nilai ttabel 2,0. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan modifikasi media pembelajaran dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli siswa SMKN 1 Grogol Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI