PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SEBAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH NORMAL BOLAVOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMKN 1 GROGOL KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NUNU RIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0606

Abstract

ABSTRAK Nunu Riyanto: “Pengaruh Metode Pembelajaran Sebagian Dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Smash Normal Bolavoli Pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci : metode bagian, metode keseluruhan dan kemampuan smash normal Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap kemampuan smash bolavoli pada siswa ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015. (2) Latihan manakah yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran bagian dan metode keseluruhan terhadap kemampuan smash normal bolavoli pada siswa ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 28 siswa. Penelitian inimerupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran tes kemampuan smash normal (Pusat pengembangan kualitas jasmani Departemen Pendidikan Nasional 2003). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes awal dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 0,321 dan ttabel = 2,160 (thitung < ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 1 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 8,668 dan ttabel = 2,160 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 2 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 3,550 dan ttabel = 2,160 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 2,460 dan ttabel = 2,160 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan kemampuan teknik smash normal bolavoli diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar 73,07% dan kelompok 2 memiliki peningkatan 38,00%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh antara metode pembelajaran bagian dan metode keseluruhan terhadap hasil belajar smash normal bola voli pada siswa ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015. (2) Metode bagian lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode keseluruhan pada hasil belajar passing bawah bola voli dimana nilai persentase peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli 73,07%. Sedangkan metode keseluruhan memiliki peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli sebesar 38,00%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI