PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING MENDATAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELOMPOK UMUR 10-12 TAHUN LPSB BEKISAR MERAH TULUNGAGUNG TAHUN 2015
Author (Penulis)
MUHAMMAD FACHRUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0592
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Fachruddin: “Pengaruh Pendekatan Latihan dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Kemampuan Passing Mendatar dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelompok Umur 10-12 Tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015”. Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Pendekatan Latihan, Koordinasi Mata-Kaki , Passing Mendatar dalam Sepak Bola.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1)Perbedaan pengaruh pendekatan latihan massed practice dan distributed practice terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola pada siswa Kelompok Umur 10-12 Tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015. (2) Perbedaan pengaruh kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan kemampaun koordinasi mata-kaki rendah terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola pada siswa Kelompok Umur 10-12 Tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015. (3) Interaksi antara pendekatan latihan massed practice, distributed practice dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola pada siswa Kelompok Umur 10-12 Tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa LPSB Bekisar Merah usia 10-12 tahun yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling, 40 dari jumlah populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran yang meliputi : koordinasi mata-kaki dengan Soccer wall volley test serta kemampuan tes tendangan mendatarbola dengan tes ketepatan tendangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut:(1)Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan latihan massed practice dan pendekatan latihan distributed practice terhadap kemampuan tendangan mendatar dalam permainan sepak bola pada siswa Kelompok Umur 10-12 tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap kemampuan tendangan mendatar dalam permainan sepak bola pada siswa Kelompok Umur 10-12 tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015. (3) Tidak ada interaksi antara pendekatanlatihan dan koordanasi mata-kaki terhadap kemampuan tendangan mendatar dalam permainan sepak bola pada siswa Kelompok Umur 10-12 tahun LPSB Bekisar Merah Tulungagung Tahun 2015