PENGARUH LATIHAN DENGAN METODE DISRTRIBUTED PRACTICE DAN MASSED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND TENIS MEJA PADA SISWA PUTRA KELAS XII IPS 4 SMA KATOLIK SANTO AUGUSTINUS KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MOHAMMAD WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0590

Abstract

ABSTRAK Mohammad Wahyudi: “Pengaruh Latihan dengan Metode Disrtributed Practice dan Massed Practice terhadap Kemampuan Pukulan Forehand Tenis Meja pada Siswa Putra Kelas XII IPS 4 SMA Katolik Santo Augustinus Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Latihan distributed practice, latihan massed practice dan kemampuan pukulan forehand tenis meja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode latihan distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan pukulan forehand tenis meja pada siswa putra kelas XII IPS 4 SMA Katolik Santo Augustinus Kediri tahun ajaran 2014/2015. (2) Metode latihan yang lebih baik pengaruhnya antara distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan pukulan forehand tenis meja pada siswa putra kelas XII IPS 4 SMA Katolik Santo Augustinus Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa putra kelas XII IPS 4 SMA Katolik Santo Augustinus Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan pukulan forehand tenis meja. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh metode latihan distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan pukulan forehand pada siswa putra kelas XII IPS 4 SMA Katolik Santo Augustinus Kediri tahun ajaran 2014/2015. (thitung 2,045 > ttabel 5% 1,796). (2) Metode latihan massed practice lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan pukulan forehand tenis meja pada siswa putra kelas XII IPS 4 SMA Katolik Santo Augustinus Kediri tahun ajaran 2014/2015. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode distributed practice) memiliki peningkatan 5,142% lebih kecil daripada kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode massed practice) yaitu 12,189%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI