PERBANDINGAN LATIHAN BOLA DIGANTUNG DAN BOLA DILAMBUNGKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK MULA DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW (OBJEK STUDI PADA SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015)


Author (Penulis)

JEFFRI SUTANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0568

Abstract

ABSTRAK JEFFRY SUTANTO: Perbandingan Latihan Bola Digantung Dan Bola Dilambungkan Terhadap Hasil Belajar Sepak Mula Dalam Permainan Sepak Takraw (Objek Studi Pada Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015), Skripsi, Penjaskesrek,FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci: hasil belajar, latihan bola digantung, bola dilambungkan, sepak takraw. Permainan sepak takraw adalah jenis permainan tradisional yang telah berkembang dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Yang menarik dalam olahraga ini adalah sarana prasarananya murah dan sangat sederhana, olahraga ini mengandung akrobatik yang menarik dan dapat dimainkan oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga pemain merasa bangga jika dapat mempertontonkan kemahiran memainkan bola, dan bagi yang menyaksikannya akan terhibur dengan atraksi-atraksi yang disuguhkan. Permainan sepak takraw meskipun berkembang baik di masyarakat tetapi di sekolah-sekolah khususnya pembinaan cabang olahraga ini agak terlambat karena kurangnya tenaga pembina, pelatih dan guru pendidikan jasmani yang menguasai teknik, taktik dan seluk beluk tentang permainan sepak takraw. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan antara latihan bola digantung dan latihan bola dilambungkan terhadap hasil belajar sepak mula pada siswa putra kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan bola digantung dan bola dilambungkan terhadap hasil belajar sepak mula pada siswa putra kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI Di SMK PGRI 3 Kediri tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 120 siswa. Sedangkan subjek sampel dalam penelitian adalah siswa putra kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 siswa dengan menggunakan metode random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu atau memberikan perlakuan (treatment) yang diberikan kepada siswa putra kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 yang diambil sebanyak 40 siswa. Sedangkan melihat mean hasil akhir kelompok yang dilatih sepak mula bola digantung sebesar 19,05 dan mean hasil akhir kelompok yang dilatih sepak mula bola dilambungkan yaitu sebesar 10,05 membuktikan bahwa hipotesis yang mengatakan latihan sepak mula bola digantung lebih baik hasilnya dari pada latihan sepak mula bola dilambungkan terhadap hasil sepak mula dalam permainan sepak takraw siswa putra kelas XI di SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI