PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SISWA KELAS V SDN PELEM 2 PARE)


Author (Penulis)

IVAN PRASETIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0567

Abstract

ABSTRAK Ivan Prasetia: Pengaruh Permainan Lompat Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pelem 2 Pare), Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci : permainan lompat, hasil belajar, lompat jauh gaya jongkok Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu cara untuk mengarahkan siswa dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan olahraga, salah satunya adalah pembelajaran atletik khususnya lompat jauh. Karena itu pendidik atau tenaga pendidikan diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang diharapkan. di SDN Pelem 2 Pare dalam penyampaian pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan materi yang diberikan kepada siswa disampaikan secara monoton, tidak adanya variasi dalam melaksanakan pembelajaran dan memberikan materi pembelajaran secara langsung, akibatnya tujuan dan hasil belajar kurang maksimal. Permainan memberikan peranan yang penting. Permainan lompat merupakan salah satu cara yang dibuat agar siswa tertarik dengan materi lompat jauh dan diharapkan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian pada siswa kelas V SDN Pelem 2 Pare yang diberikan permainan lompat dengan perlakuan 2 kali, yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh permainan lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pada minggu pertama siswa diberikan pre test lompat jauh gaya jongkok, pada pertemuan kedua dan ketiga diberikan treatment berupa permainan lompat dan pertemuan keempat diberikan post test lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan merupakan penelitian populasi yang berjumlah 21 siswa. Analisis data menggunakan mean, menghitung standar deviasi, menghitung varian, uji T dan menghitung peningkatan, menunjukkan hasil signifikan pada permainan lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN Pelem 2 Pare, yang dibuktikan dari hasil thitung 13,691 > nilai ttabel 2,086 dengan taraf signifikan 0,05. Simpulan penelitian bahwa ada pengaruh permainan lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN Pelem 2 Pare. Besarnya pengaruh adalah 26,14%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI