PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA (objek studi pada siswa kelas XI SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015)


Author (Penulis)

FERDIYANTONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0554

Abstract

ABSTRAK Ferdiyantono: Pengaruh Modifikasi Permainan Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola (objek studi pada siswa di SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015), Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Modifikasi, hasil belajar, passing, sepakbola. Dalam dunia pendidikan peran seorang guru sangat penting, sehingga diperlukan suatu modifikasi permainan yang dapat mendorong meningkatan kemampuan siswa. Salah satunya menggunakan permainan yang dimodifikasi secara menarik dan kreatif, sehingga siswa dalam pembelajaran dapat melakukan gerakan-gerakan yang optimal. Dari uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:1) Apakah modifikasi permainan berpengaruh terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa?, 2) Seberapa besar pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa? Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Dengan menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif. penelitian ini populasi adalah keseluruhan siswa kelas XI SMK PGRI 3 Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola sebelum dan sesudah melalui modifikasi permainan pada siswa kelas XI SMK PGRI 3 Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil rata-rata pre-test sebesar 44,08 sedangkan hasil rata-rata post-test 63,08. 2) Besarnya pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas XI SMK PGRI 3 Kediri yaitu sebesar 43,10%. Dengan demikian siswa kelas XI SMK PGRI 3 Kediri lebih meningkat hasil belajar passing sepakbola setelah diberikan modifikasi permainan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, di sarankan, 1) guru mampu melakukan pembelajaran dan melatih sepakbola agar menggunakan berbagai macam variasi teknik mengajar yang tidak selalu menoton sehingga dapat membantu siswa dalam mengatasi rasa kebosanan dan memperoleh prestasi yang memuaskan. 2) Untuk peneliti lanjutan hendaknya mampu memperhatikan aspek metode pengumpulan data semaksimal mungkin untuk menghindari subyektifitas dalam penelitian serta memperhatikan alokasi waktu yang ada dalam permainan sepakbola dalam meningkatkan kerjasama dengan sebaik mungkin agar siswa benar-benar terbantu dan merasakan manfaatnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI