UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
EDI SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0542
Abstract
ABSTRAK
Edi Santoso, NPM: 11.1.01.09.0542, Skripsi:“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bola Voli Dengan Modifikasi Bola Plastik Pada Siswa Kelas X SMA Negrri Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 .”. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Dengan Modifikasi Bola Plasitk
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan modifikasi bola plastik terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya pengaruh penggunaan modifikasi bola plastik terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri Plosiklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran dengan teknik tes dan pengukuran. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain korelasional atau Correlational Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X SMA Negeri Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster total sampling. Dikatakan sampel total sampling karena semua anggota populasi diambil satu kelas yaitu kelas X sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan tes servis atas dan pembelajaran servis atas bola voli dengan modifikasi bola plastik. Analisis data yang digunakan adalah t-test,dimana penggunaan media bola plastik(X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar servis atas(Y) sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan t_(hitung )>t_?(tabel@ ) 2,182650562 > 1,73. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penggunaan modifikasi bola plastik terhadap hasil belajar servis atas pada siswa kelas X SMA Negeri Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 dapat diterima.
Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Dapat menjadi sumbangan yang berarti bagi para pembina, guru olahraga maupun pelatih dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat, efektif dan efisien dalam belajar servis atas. 2) Mengembangkan kompetensi guru dalam pembelajaran servis atas bola voli.