PERMAINAN BOLA PANTUL DAPAT MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS VI SDN 02 PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YUHYI ROHMATI ROBBI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0467

Abstract

ABSTRAK Yuhyi Rohmati Robbi : Permainan Bola Pantul Dapat Meningkatkan Minat Pembelajaran Passing Bawah dalam permainan bola voli mini pada siswa kelas VI SDN 02 Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci :Permainan Bola Pantul, Passing Bawah permaianan Bola voli Penelitian ini dilatar belakangi siswa SD yang cenderung kurang bergairah, malas dan pasif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya permaian bola voli. Padahal permainan bola voli mini khususnya bola voli mini merupakan jenis permaian yang sudah tidak asing bagi siswa sehingga hal tersebut tidak perlu terjadi karena dapat berpengaruh terhadap nilainya. Permasalahan penelitian ini adalah, apakah permainan bola pantul dapat meningkatkan minat pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli mini pada siswa kelas VI SDN 02 Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 02 Pagu yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data minat belajar passing bawah bola volimini pada siswa kelas VI diperoleh melalui tes untuk kerja, lembar observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran passing bawah bola voli mini dengan permainan bola pantul. Hasil penelitian menunjukkan permainan bola pantul dapat meningkatkan minat pembelajaran passing bawah bola voli mini SD Negeri 02 Pagu kabupaten Kediri. Peningktan minat pembelajaran dapat dilihat dari peningktan yang signifikan dari kondisi siklus I ke siklus II. Minat pembelajaran passing bawah bola voli mini yang diperoleh dari siklus I adalah sebanyak 21 siswa atau persentase ketuntasan 62,5%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningktan menjadi 27 siswa atau persentase 81,25% dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan permainan bola pantul dapat meningktakan minat pembelajaran pssing bawah bola voli mini pada siswa kelas VI SD Negeri 02 Pagu Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI