PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

YASSYNTHA WIENEDYANESIA M.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0457

Abstract

ABSTRAK Yassyntha Wienedyanesia Marjoko. NPM: 11.1.01.09.0457. Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri Tahun 2015. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015. Kata kunci : Penerapan media pembelajaran, lay up bola basket Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang didalamnya diajarkan beberapa macam cabang olahraga menurut jenjang pendidikannya. Hal ini artinya, materi pendidikan jasmani antara tingkat sekolah dasar dengan tingkat sekolah di atasnya berbeda. Pendidikan olahraga merupakan pendidikan yang utama untuk menunjang prestasi siswa. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang sehat dalam dunia pendidikan harus meliputi beberapa hal komponen sebagai berikut, Anak Didik, Pendidik, Tujuan Pendidikan, Lingkungan Pendidikan. Komponen-komponen tersebut harus ada di dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar lay up bola basket siswa kelas XI SMK Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun 2015 berjumlah 37 orang yang terdiri atas 12 siswa putra dan 25 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar lay up bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lay up bola basket siswa kelas XI SMK Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun 2015 . Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil belajar lay up bola basket pada pra siklus dalam katagori tuntas adalah 27% atau 10 siswa. Pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 62.1% atau 23 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 81.08% atau sejumlah 30 siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI