PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

Wildan Suyuti Bagus Wiratama
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0452

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan pendekatan bermain pada Siswa Kelas X PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pada Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri yang berjumlah 18 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa : penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil berlajar lompat jauh gaya jongkok pada Siswa Kelas X SMK PGRI Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus 2. Pada pra siklus ketercapaian melakukan lompat jauh gaya jongkok pada Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2015/2015, aspek yang dinilai yaitu aspek psikomotor 33,33% atau 6 siswa, aspek afektif 38,8% atau 7 siswa dan aspek kognitif 27,77% atau 4 siswa. Sehingga ketercapaian pra siklus pada hasil belajar lompat gaya jongkok pada Siswa Kelas X SMSK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 adalah 33,33% atau sejumlah 6 siswa. Pada siklus 2 terjadi peningkatan dari aspek yang dinilai yaitu aspek psikomotor 55,55% dengan prosentase 88,88% atau 16 siswa,aspek afektif 44,45% dengan prosentase 83,33% atau 15 siswa. Sehingga keseluruhan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 diperoleh peningkatan pada siklus 2 sebesar 55,55% dari 33,33% atau sejumlah 6 siswa menjadi 88,88% atau sejumlah 16 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada Siswa Kelas X SMK 3 Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI