PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH NORMAL BOLAVOLI PADA SISWA EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI SMKN 1 GROGOL KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
Wawan Agung Sasmito
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0451
Abstract
ABSTRAK
Wawan Agung Sasmito, NPM: 11.1.01.09.0451: “Pengaruh Metode Pembelajaran
Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Smash Normal Bolavoli Pada Siswa
Ekstrakulikuler Bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : metode bagian, metode keseluruhan dan kemampuan smash normal
bolavoli.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran
bagian dan keseluruhan terhadap kemampuan smash bolavoli pada siswa
ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015. (2)
Latihan manakah yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran bagian
dan metode keseluruhan terhadap kemampuan smash normal bolavoli pada siswa
ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini adalah
siswa ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2014/2015
berjumlah 28 siswa. Penelitian inimerupakan penelitian populasi. Teknik
pengumpulan data dengan tes dan pengukuran tes kemampuan smash normal (Pusat
pengembangan kualitas jasmani Departemen Pendidikan Nasional 2003). Teknik
analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %.
Hasil penelitian: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes awal dengan t-test
antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 0,321 dan ttabel = 2,160 (thitung
< ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test
kelompok 1 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 8,668 dan ttabel = 2,160
(thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test
kelompok 2 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 3,550 dan ttabel = 2,160
(thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test
antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 2,460 dan ttabel = 2,160 (thitung
> ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan kemampuan teknik
smash normal bolavoli diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar
73,07% dan kelompok 2 memiliki peningkatan 38,00%.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh antara metode
pembelajaran bagian dan metode keseluruhan terhadap hasil belajar smash normal
bola voli pada siswa ekstrakulikuler bolavoli SMKN 1 Grogol Kediri tahun pelajaran
2014/2015. (2) Metode bagian lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode
keseluruhan pada hasil belajar passing bawah bola voli dimana nilai persentase
peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli 73,07%. Sedangkan metode
keseluruhan memiliki peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli sebesar
38,00%.