UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TUTUT IFANUR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0436

Abstract

ABSTRAK Tutut Ifanur’rohman. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, Agustus 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar belajar gerak dasar lompat jauh dengan menggunakan alat bantu pada siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: penerapan pendekatan bermain dapat untuk meningkatkan hasil belajar belajar gerak dasar lompat jauh siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus 2. Pada pra siklus ketercapaian melakukan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, aspek yang dinilai yaitu aspek psikomotor 34,49% atau 7 siswa, aspek afektif 38,88% atau 8 siswa dan aspek kognitif 27,77% atau 5 siswa. Sehingga ketercapain pra siklus pada hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah 34,49% atau sejumlah 6 siswa. Pada siklus 2 terjadi peningkatan dari aspek yang dinilai yaitu aspek psikomotor 55,55% dengan prosentase 90,4% atau 19 siswa, aspek afektif 44,45% dengan prosentase 9 % atau 19 siswa, dan aspek kognitif 55,55% dengan prosentase 90,04% atau 19 siswa. Sehingga keseluruhan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 diperoleh peningkatan pada siklus 2 sebesar 55,55% dari 34,49% atau sejumlah 8 siswa menjadi 90,04% atau sejumlah 19 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Pendekatan bermain, pembelajaran, lompat jauh .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI