PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SMA NEGERI 1 PLOSOKLATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
SYAMSUL MA'ARIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0421
Abstract
ABSTRAK
SYAMMSUL MA’ARIF. NPM : 11.1.01.09.0421. Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Putra SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi. FKIP-UNP Kediri. 2015.
Kata Kunci: Pengaruh metode pembelajaran guide discovery
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada “Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepakbola pada siswa Putra SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepakbola pada siswa Putra SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014 / 2015.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. “Rumusan masalah dalam penelitian asosiatif adalah rumusan masalah yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih” (Sugiyono: 2012: 56). Penggunaan metode ini dilakukan dengan melakukan kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan tes awal (pre test) dilanjutkan dengan perlakuan terhadap subjek (treatment) dan diakhiri dengan tes untuk menguji seberapa jauh akibat dari perlakuan yang diberikan (pos test)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran guide discovery berpengaruh terhadap hasil belajar permainan sepak bola. Dari hasil analisis uji perbedaan di atas, dapat bahwa penerapan alat bantu pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar sepak bola pada siswa putra SMAN 1 Plosoklaten Kediri I. Hal tersebut didasarkan pada teori yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini telah disebutkan bahwa penggunaan alat bantu yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil belajar yang akan didapat dalam pembelajaran.
Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian telah diterima dan menjawab permasalahan serta mencapai tujuan dari penelitian ini. Penentuan populasi, sampel, variabel dan pelaksanaan kegiatan penelitian seperti tes awal, pelaksanaan latihan dan tes akhir kesemuanya didasarkan pada teori dan aturan yang ada sehingga memberikan dasar yang baik pada penelitian ini. Penentuan metode, instrumen dan langkah penelitian serta pelaksanan analisis dan pemilihan alat analisis sudah terbukti dan benar dan memberikan hasil yaitu tercapainya tujuan penelitian ini.