PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DENGAN PEDEKATAN METODE MODELING PARTISIPANT (OBJEK STUDI PADA SISWA KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 GROGOL TAHUN PELAJARAN 2014/2015)


Author (Penulis)

Mochammad Syaifurijal
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0299

Abstract

M. Syaifur Rijal : Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Dengan Pedekatan Metode Modeling Partisipant (Objek Studi Pada Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Grogol Tahun Pelajaran 2014/2015),Skripsi, Penjaskesrek,FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci : Teknik dasar menggiring bola, Penelitian Tindakan Kelas, Metode Modeling Partisipan. Ketuntasan belajar sangat diharapkan oleh semua guru. Kurikulum Pendidikan Jasmani pada smk sangat membantu memenuhi kebutuhan kesehatan fisik siswa, karena itu dapat mengembangkan aktivitas jasmani secara dini dan membina hidup yang sehat, sehingga dapat menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu sub materi sepak bola yang dikembangkan dalam pendidikan jasmani untuk siswa kelas xi pada semester dua adalah materi teknik menggiring bola. Permasalahan yang mendasar adalah dalam pembelajaran sepak bola khususnya teknik menggiring bola pada siswa-siswi di SMK Negeri 1 Grogol terdapat ketidaksesuaian penerapan metode pembelajaran dengan karakteristik siswa-siswi kelas XI sehingga hasil tes menggiring bola dalam pembelajaran sepak bola yang dilakukan siswa belum memenuhi KKM 71% yang diharapkan oleh guru. Hal itu disebabkan karena siswa kurang fokus dalam menerima materi pembelajaran sepak bola, sehingga siswa kurang menguasai dalam keterampilan menggiring bola. Oleh karena itu guru menerapkan metode modeling partisipan dengan harapan dengan adanya metode modeling partisipan siswa dapat menguasai keterampilan menggiring bola dalam pembelajaran sepak bola. Dari fenomena permasalahan yang ada di kelas SMK Negeri 1 Grogol pada pengambilan tes awal (sebelum ada perlakuan menggunakan metode modeling partisipan), kelas XI menunjukkan banyak siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran teknik dasar menggiring bola pada pembelajaran sepak bola, rerata tes awal 59,90% sehingga belum mencapai KKM 71% yang diharapkan. Salah satu upaya untuk guna meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran penjas yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan metode modeling partisipan. Hipotesis ini diuji dalam sebuah kegiatan penelitian yang menggunakan kaidah prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ditinjau dari rerata tingkat ketuntasan belajar siswa secara individual pada tiap siklus pembelajaran terlihat ada peningkatan dari 68,10% pada siklus 1 menjadi 76,88% pada siklus 2. Dan dilihat dari jumlah siswa yang tuntas belajarnya juga ada peningkatan, dimana pada siklus 1 ada 9 siswa yang tuntas dan pada siklus 2 ada 33 siswa yang telah tuntas belajarnya. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode modeling partisipan ternyata cukup efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Grogol Kata Kunci: kestabilan emosi, dan pengendalian perilaku menyimpang

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI