UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN 2015
Author (Penulis)
Mohammad Ikhwan Mujib
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0264
Abstract
ABSTRAK
Mohammad Ikhwan Mujib. NPM : 11.1.01.09.0264. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015”. Skripsi, Prodi Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri. 2015.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Modifikasi Alat Pembelajaran
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan modifikasi kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya pengaruh penggunaan modifikasi kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran dengan teknik tes dan pengukuran. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain korelasional atau Correlational Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015 yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster total sampling. Dikatakan sampel total sampling karena semua anggota populasi diambil satu kelas yaitu kelas X sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan lompat kardus dan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi kardus. Analisis data yang digunakan adalah t-test, dimana penggunaan media kardus (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok (Y) sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan > 2,182650562 > 1,73. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penggunaan modifikasi kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015 dapat diterima.
Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah :
Dapat menjadi sumbangan yang berarti bagi para pembina, guru olahraga maupun pelatih dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat, efektif dan efisien dalam belajar lompat jauh gaya jongkok.
Mengembangkan kompetensi guru dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok.