PENEREPAN METODE PERMAINAN LOMPAT DAN LONCAT TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK KELAS IV SDN JATIPUNGGUR 2 LENGKONG
Author (Penulis)
ITSNAN SAIFUDIN R
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0237
Abstract
ABSTRAK
ITSNAN SAIFUDDIN RAHMAT : Penerapan metode permainan lompat dan loncat terhadap ketrampilan tehnik lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV SDN Jatipunggur 2 kec. Lengkong, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata kunci : model permainan lompat dan loncat
Pendidikan jasmani bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor seseorang.Dalam melaksanakan tugasnya guru PJOK diharapkan dapat memiliki kreatifitas untuk meningkatkan keterampilan siswa melalui pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, agar siswa lebih antusias untuk mengikuti pelajaran sehingga tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai.
Namun pada kenyataannya pendidikan jasmani di sekolah dasar kurang menarik dan inovatif sehingga siswa merasa mudah bosan.Hal ini menjadikan siswa kurang tertarik melakukan kegiatan olahraga, yang menjadikan kurangnya ketrampilan siswa dalam cabang atletik khususnya lompat jauh. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk dapat meningkatkan hasil lompatan siswa.
Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah apakah model permainan lompat dan loncat dapat menambah jarak lompatan siswa?
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatipunggur 2 Kec. Lengkong Kab. Nganjuk yang berjumlah 16 siswa. Instrument yang digunakan berupa model permainan lompat dan loncat.
Prosedur pelaksanaan penelitian ini akan dilakukan secara bersiklus, jika siklus pertama belum berhasil maka dapat dilakukan siklus berikutnya hingga target ketuntasan dapat tercapai.
Dari hasil penelitian yang diterapkan pada siswa kelas IV SDN Jatipunggur 2 kec. Lengkong kab. Nganjuk, disimpulkan bahwa latihan dengan menggunakan model permainan lompat dan loncat dapat menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran penjas dan meningkatkan hasil lompatan siswa pada cabang atletik lompat jauh gaya jongkok.