PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

INDRA PRIBADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0232

Abstract

ABSTRAK Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada“Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepak bola pada siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri, Kecamatan Ploso klaten, Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015”.Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepak bola pada siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. “Rumusan masalah dalam penelitian asosiatif adalah rumusan masalah yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variable latau lebih” (Sugiyono: 2012:56).Penggunaan metode ini dilakukan dengan melakukan kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan tes awal (pre test) dilanjutkan dengan perlakuan terhadap subjek (treatment) dan diakhiri dengan tes untuk menguji seberapa jauh akibat dari perlakuan yang diberikan(pos test).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 190 siswa terbagi dalam 8 kelas.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Secara acak kelompok atau klaster yang diperlukan diambil dengan proses undian. Setiap anggota yang berada di dalam kelompok yang diambil secara acak tadi merupakan sampel yang diperlukan Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh ????????????????????????? = 9,482 kemudian dibandingkan dengan????(1?????). Harga ????(1?????)pada taraf signifikansi 5% dengan db = 29 adalah sebesar 2,045. Sehingga???? ?????????????????????>????(0,95)atau 9,482 2,045.Karena????????????????????????? tidak jatuh di wilayah terima H0, maka keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan menerima H1. Kesimpulannya adalah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar teknik dasar sepak bola pada siswa putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Ada pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil pembelajaran sepak bola pada siswa putra SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Pengaruh metode pembelajaran guide discovery

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI