PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN KECIL DAN KONVENSIONAL DALAM PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA SMP N 1 PAPAR TAHUN 2015
Author (Penulis)
HUJANG KHANAFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0226
Abstract
ABSTRAK
Hujang Khanafi. NPM : 11.1.01.09.0226. Perbandingan Pengaruh Pemberian
Permainan Kecil Dan Konvensional Dalam Pemanasan Terhadap Minat Siswa
Mengikuti Pembelajaran Permainan Bolavoli Pada Siswa SMP N 1 Papar Tahun
2015. Skripsi, Program Studi Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri. 2015.
Kata Kunci: Permainan Kecil, Konvensional, Pemanasan, Minat, SMPN 1 Papar
Pendidikan merupakan program pemerintah dalam usaha mencerdaskan dan
mensejahterakan kehidupan bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan
makmur. Khususnya dalam memudahkan proses pembelajaran pendidikan jasmani
agar siswa lebih mudah menyerap materi yang ada sesuai dengan kurikulum dan
siswa memiliki minat dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Dalam kasus ini,
guru pendidikan jasmani sering menggunakan pemanasan model konvensional
sehingga siswa kurang berminat terhadap pembelajaran pendidikan jasmani, karena
pemanasan konvensional membuat siswa merasa jenuh. Maka, peneliti akan
melakukan kegiatan belajar mengajar yang berbeda yaitu dengan menggunakan
permainan kecil dalam pemanasan dimana guru harus mampu membuat
pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Untuk itu perlu adanya pendekatan,
variasi maupun modifikasi dalam pemanasan sehingga dapat meningkatkan minat
siswa mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani khususnya permainan bolavoli.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Perbandingan pengaruh
pemberian permainan kecil dan konvensional dalam pemanasan terhadap minat siswa
mengikuti pembelajaran bolavoli. 2. Besarnya pengaruh pemberian permainan kecil
dan konvensional dalam pemanasan terhadap minat siswa mengikuti pembelajaran
bolavoli. Dalam penelitian ini menggunakan randomized kontrol group pre-test posttest
design. Populasi penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP N 1 Papar.
Hasil analisa penelitian diperoleh : 1 Kelompok eksperimen dengan nilai
rata-rata pre-test sebesar 125,5 dan nilai rata-rata post-test sebesar 139,27.
Kemudian dalam perhitungan uji t diperoleh nilai thitung (4,01) > ttabel (2.011).
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan pengaruh
pemberian permainan kecil dan konvensional dalam pemanasan terhadap minat
siswa mengikuti pembelajaran permainan bolavoli yang signifikan. 2. Pemberian
permainan kecil sebagai bentuk pemanasan memberikan peningkatan minat siswa SMP
N 1 Papar sebesar 10,97%.