PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN KECIL DAN KONVENSIONAL DALAM PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA SMP N 1 PAPAR TAHUN 2015


Author (Penulis)

HUJANG KHANAFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0226

Abstract

ABSTRAK Hujang Khanafi. NPM : 11.1.01.09.0226. Perbandingan Pengaruh Pemberian Permainan Kecil Dan Konvensional Dalam Pemanasan Terhadap Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Permainan Bolavoli Pada Siswa SMP N 1 Papar Tahun 2015. Skripsi, Program Studi Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri. 2015. Kata Kunci: Permainan Kecil, Konvensional, Pemanasan, Minat, SMPN 1 Papar Pendidikan merupakan program pemerintah dalam usaha mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Khususnya dalam memudahkan proses pembelajaran pendidikan jasmani agar siswa lebih mudah menyerap materi yang ada sesuai dengan kurikulum dan siswa memiliki minat dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Dalam kasus ini, guru pendidikan jasmani sering menggunakan pemanasan model konvensional sehingga siswa kurang berminat terhadap pembelajaran pendidikan jasmani, karena pemanasan konvensional membuat siswa merasa jenuh. Maka, peneliti akan melakukan kegiatan belajar mengajar yang berbeda yaitu dengan menggunakan permainan kecil dalam pemanasan dimana guru harus mampu membuat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Untuk itu perlu adanya pendekatan, variasi maupun modifikasi dalam pemanasan sehingga dapat meningkatkan minat siswa mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani khususnya permainan bolavoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Perbandingan pengaruh pemberian permainan kecil dan konvensional dalam pemanasan terhadap minat siswa mengikuti pembelajaran bolavoli. 2. Besarnya pengaruh pemberian permainan kecil dan konvensional dalam pemanasan terhadap minat siswa mengikuti pembelajaran bolavoli. Dalam penelitian ini menggunakan randomized kontrol group pre-test posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP N 1 Papar. Hasil analisa penelitian diperoleh : 1 Kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 125,5 dan nilai rata-rata post-test sebesar 139,27. Kemudian dalam perhitungan uji t diperoleh nilai thitung (4,01) > ttabel (2.011). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan pengaruh pemberian permainan kecil dan konvensional dalam pemanasan terhadap minat siswa mengikuti pembelajaran permainan bolavoli yang signifikan. 2. Pemberian permainan kecil sebagai bentuk pemanasan memberikan peningkatan minat siswa SMP N 1 Papar sebesar 10,97%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI