MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENENDANG BOLA BERPASANGAN PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MINI MELALUI METODE BERMAIN DALAM KELOMPOK-KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS V SDN I MOJOROTO


Author (Penulis)

HENDRA BUDI PERMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0212

Abstract

Abstrak Hendra Budi Permana: Meningkatkan Keterampilan Menendang Bola Berpasangan pada Permainan Sepak Bola Mini melalui Metode Bermain dalam Kelompok-kelompok Kecil pada Siswa Kelas V SDN I Mojoroto, Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Keterampilan Menedang Bola, Metode Bermain, Sepak Bola. Rendahnya keterampilan menendang bola berpasangan dalam permainan sepak bola mini pada siswa kelas V SDN 1 Mojoroto, memotivasi guru untuk berupaya meningkatkan kualitas siswa melalui berbagai kegiatan pembelajaran dengan metode bermain dalam kelompok-kelompok kecil. Permasalahan yang akan dicari jawabannya pada penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain dalam kelompok-kelompok kecil dapat meningkatkan keterampilan menendang bola berpasangan dalam permainan sepak bola mini siswa kelas V SDN 1 Mojoroto? Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap sekolompok siswa guna dapat mengetahui secara pasti tentang adanya masalah yang diajukan dengan menggunakan metode bermain dalam kelompok-kelompok kecil. Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan menjadi bahan informasi dan salah satu acuan bagi guru dalam meningkatkan strategi pembelajaran yang bervariasi guna mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pemeblajaran serta peningkatan karir dan profesionalisme guru. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalah belajar terutama dalam penguasaan keterampilan menendang bola berpasangan serta menjadi sumbangan pikiran bagi sekolah dalam rangka meningkatkan prestasi siswa dan mutu pendidikan yang ada di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Mojoroto sebanyak 30 siswa yang terdiri dari laki-laki 17 orang dan perempuan 13 orang. Indikator kinerja secara klasikal adalah 80% dan secara individu 75. Jika sudah mencapai target yang direncanakan dianggap berhasil dan selesai. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan/observasi siswa dan guru, serta evaluasi materi yang akan diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan pada keterampilan menendang bola berpasangan dalam permainan sepak bola mini siswa kelas V SDN 1 Mojoroto dari rata-rata nilai pada observasi awal 59,25, pada siklus I menjadi 67,94 dan siklus II 80,23. Namun diharapkan penelitian lebih lanjut tentang upaya peningkatan keterampilan menendang bola berpasangan dalam permainan sepak bola mini dengan menggunakan metode yang lain sehingga dapat terus dikembangkan demi peningkatan kualitas pembelajaran khususnya keterampilan menendang bola dalam permainan sepak bola bagi siswa di sekolah dasar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI