pengembangan pembelajaran guling kedepan menggunakan model ctl terhadap siswa kelas XI SMKN 1 grogol kediri tahun ajaran 2014/2015
Author (Penulis)
GATUT FAISAL YUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0199
Abstract
GATUT FAISAL YUDA: pengembangan pembelajaran guling kedepan menggunakan model ctl terhadap siswa kelas XI SMKN 1 grogol kediri tahun ajaran 2014/2015.Skripsi, PENJASKESREK FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Senam, Guling kedepan
Guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang, dan pinggul bagian belakang). Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.
Hasil penelitian diperoleh Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 70,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,46%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,08 dan persentase ketuntasan sebesar 57,69%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 82,82 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,77%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II