STUDI STATUS KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI SISWA PUTRA EKSTRAKULIKULER SMP NEGERI SE KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

ERRIK ANGGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0165

Abstract

ABSTAK Errik Anggara : Studi Status Keterampilan Teknik Dasar Bola Voli Siswa Putra Ekstrakulikuler SMP Negeri Se Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Penjaskesrek FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci: status keterampilan bola voli, norma keterampilan bola voli, ekstrakurikuler bola voli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar bola voli siswa, menyusun norma gerak dasar siswa, dan menentukan status gerakan dasar pada siswa putra ekstrakulikuler bola voli SMP se Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini mengunakan metode normative survey. Populasi penelitian ini adalah siswa putra pada ekstrakulikuler bola voli SMP ditiap sekolah se Kabupaten Trenggalek dengan meliputi SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 1 Pogalan, SMPN 2 Pogalan, SMPN 1 Gandusari, SMPN 2 Gandusari, SMPN 1 Durenan, SMNP 2 Durenan, SMPN 1 Suruh, SMPN 1 Karangan, SMPN 2 Karangan, SMPN 3 Karangan, SMPN 1 Tugu, SMPN 2 Tugu, SMPN 3 Tugu, SMPN 1 Bendungan, SMPN 2 Bendungan, SMPN 1 Watulimo, SMPN 2 Watulimo, SMPN 3 Watulimo, SMPN 1 Munjungan, SMPN 2 Munjungan, SMPN 3 Munjungan, SMPN 1 Kampak, SMPN 2 Kampak, SMPN 3 Kampak, SMPN 1 Panggul, SMPN 2 Panggul, SMPN 3 Panggul, SMPN 4 Panggul, SMPN 1 Pule, SMPN 2 Pule, SMPN 3 Pule, SMPN 1 Dongko, SMPN 2 Dongko, SMPN 3 Dongko. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling dan di peroleh jumlah siswa ditiap SMP yaitu sebagai berikut SMPN 1 dengan jumlah sisiwa 25 Siswa, SMPN 2=22 siswa, SMPN 6=20 Siswa, SMPN 3=30 siswa, SMPN 4=40 siswa. dan setiap SMP diambil 40% dari jumlah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler SMPN 1 dengan jumlah 10 siswa, SMPN2=9siswa, SMPN 6=8 siswa, SMPN 3=12 siswa, SMPN 4=16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang di kumpulkan yaitu tes passing atas 60 detik, tes passing bawah 60 detik, tes service atas dengan sasaran, tes service bawah dengan sasaran, dan tes smash dengan sasaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dengan penyusunan T-score dan penyusunan norma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma tes keterampilan voli siswa yang digunakan yaitu ? 192 (kurang sekali), 193-219 (kurang), 220-252 (sedang), 253-278 (cukup), 279-307 (baik), ? 308 (baik sekali). Status keterampilan bola voli putra ekstrakulikuler SMP Negeri se Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015 yaitu paling banyak dalam kondisi cukup yaitu sebanyak 19 siswa (34,55%), sedangkan siswa lain yang mempunyai keterampilan baik sekali sebanyak 3 sisiwa (4,45%), 7 sisiwa (12,73%) keterampilan baik, 15 siswa (27,27%) sedang dan 9 siswa (16,36%) kurang. Untuk keterampilan yang kurang sekali hanya 2 Siswa (3,64%). Simpulan penelitian ini adalah rangkaian tes keterampilan dasar bola voli dan norma tes keterampilan bola voli siswa yang di gunakan yaitu ? 192 (kurang sekali), 193-219 (kurang), 220-252 (sedang), 253-278 (cukup), 279-307 (baik, ? 308 (baik sekali) dan paling banyak dalam kondisi cukup yaitu sebanyak 19 siswa (34,55%).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI