PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN KECIL DAN KONVENSIONAL DALAM PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI DI SMA PEMUDA PAPAR KEDIRI TAHUN 2015
Author (Penulis)
Erlangga Tanjung
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0163
Abstract
ABSTRAK
ErlanggaTanjung. NPM : 11.1.01.09.0163. “PerbandinganPengaruhPemberianPermainan Kecil Dan KonvensionalDalamPemanasanTerhadapMinatSiswaMengikutiPembelajaranPermainanBolavoliDi SMAPemudaPapar Kediri Tahun 2015.Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri 2015.
Kata Kunci : Permainan Kecil, Konvensional, Pemanasan, MinatSiswa
Pendidikan merupakan program pemerintah dalam usaha mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Khususnya dalam memudahkan proses pembelajaran pendidikan jasmani agar siswa lebih mudah menyerap materi yang ada sesuai dengan kurikulum dan siswa memiliki minat dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Dalam kasus ini, guru pendidikan jasmani sering menggunakan pemanasan model konvensional sehingga siswa kurang berminat terhadap pembelajaran pendidikan jasmani, karena pemanasan konvensional membuat siswa merasa jenuh. Maka, peneliti akan melakukan kegiatan belajar mengajar yang berbeda yaitu dengan menggunakan permainan kecil dalam pemanasan dimana guru harus mampu membuat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Untukituperluadanyapendekatan, variasimaupunmodifikasidalampemanasansehinggadapatmeningkatkanminatsiswamengikutipembelajaranpendidikanjasmanikhususnyapermainanbolavoli.
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui : 1. Perbandinganpengaruhpemberianpermainan kecil dankonvensionaldalampemanasanterhadapminatsiswamengikutipembelajaranbolavoli. 2. Besarnyapengaruhpemberianpermainan kecil dankonvensionaldalampemanasanterhadapminatsiswamengikutipembelajaranbolavoli. Dalampenelitianinimenggunakanrandomized kontrol group pre-test post-test design. PopulasidansampelpenelitianiniadalahsiswaSMA PemudaPapar Kediri yang berjumlah 24 siswadan 26 siswa.
Hasilanalisapenelitiandiperoleh : 1 Kelompokeksperimendengannilai rata-rata pre-testsebesar 125,5 dannilai rata-rata post-test sebesar 139,27. Kemudiandalamperhitunganuji t diperolehnilaithitung (4,01) >ttabel (2.011). dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbandinganpengaruhpemberianpermainankecildankonvensionaldalampemanasanterhadapminatsiswamengikutipembelajaranpermainanbolavoli yang signifikan. 2. PemberianpermainankecilsebagaibentukpemanasanmemberikanpeningkatanminatsiswaSMA PemudaPapar Kedirisebesar 10,97%.