Lompat jauh adalah salah satu nomor atletik yang dilakukan dengan melompat di bak pasir.Gerakan-gerakan dalam lompat jauh tersebut harus dilakukan secara baik agar memperoleh hasil lompatan yang maksimal.
Namun dalam pelaksanaanya didalam dunia pendidikan, pembelajaran lompat jauh di sekolah belum berjalan seperti yang diharapkan. Hal ini dikarenakan siswa menglami kesulitan dalam menirukan, mempraktikan dan mencontoh arahan materi dari guru.
Oleh karena itu perlu adanya suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah;
Bagaimana implementasi dari modifikasi lompat kardus pada siswa kelas VIII B di pembelajaran lompat jauh di SMPN 2 Ngetos tahun ajaran 2015/2016 ?
Bagaimana cara meningkatkan pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan modifikasi lompat kardus pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Ngetos tahun ajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 2 Ngetos, Kec. Ngetos Kab. Ngamjuk yang berjumlah 35 anak.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi tes lompat jauh.
Prosedur pelaksanaan penelitian ini akan dilakukan secara bersiklus, jika siklus pertama belum berhasil maka dapat dilakukan siklus berikutnya hingga target ketuntasan dapat tercapai.
Dari hasil penelitian yang diterapkan pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Ngetos dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan latihan lompat kardus dapat meningkatkan hasil lompatan siswa pada pembelajaran lompat jauh gaya melenting.
Tim Penyusun. 2016. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Universitas
Nusantara PGRI Kediri
Fenanlampir Albertus, Muhyi F. Muhammad. 2015 Tes & Pengukuran dalam Olahraga.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET
Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rieneka Cipta.
Setiaji Heri. 2013. Tes & Pengukuran Olahraga. Kediri: UNP Kediri
Kodir Abdul. 2011. Stategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Suherman Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikandan Kebudayaan
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2011. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.Bandung: PT. IMTIMA