PERBANDINGNAN PEMBELAJARAN METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING PADA OLAHRAGA SEPAKBOLA


Author (Penulis)

ARIE TRIAS KURNIA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0071

Abstract

ABSTRAK Ari Trias Kurnia Putra. Perbandingan Pembelajaran Metode Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Hasil Belajar Passing Pada Olahraga Sepakbola, Skripsi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Perbandingan Pembelajaran metode langsung dan tidak langsung, passing pada olahraga sepak bola Kegiatan belajar mengajar merupakan upaya pokok dalam mewujudkan pendidikan jasmani untuk mencapai tujuanya. Tujuan pendidikan nasional tersebut sangat erat kaitanya dengan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, guru dihadapkan tidak hanya berperan sebagai informator saja tetapi juga sebagai organitator, motivator, fasilitator, mediator, dan evaluator. Sebagai bahan masukan untuk sekolah, guru dalam memajukan serta keberhasilan dalam memilih metode yang cocok untuk pembelajaran baik pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah (ekstra kurikuler), khususnya pada olahraga sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiric tentang “ Perbandingan Pembelajaran Metode Langsung Dan Tidak Tangsung terhadap hasil belajar passing pada olahraga sepakbola. Jenis penelitian yang dipergunakan didalam penelitian ini adalah: kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 2 Kediri. Suatu karakteristik yang dapat diukur dalam penelitian terdapat dua variabel, variabel bebas dan variabel terikat yaitu : (1) Variabel bebas (X) : perbandingan pembelajaran metode langsung dan tidak langsung dalam pendidikan jasmani, (2) Variabel terikat (Y): hasil pembelajaran passing dalam permainan olahraga sepakbola. Dalam hal ini sampel diambil secara di undi (random sampling/acak). Dan di dapatkan satu kelas yaitu: kelas X yang berjumlah 32 siswa. Ada perbedaan diantara 2 variabel yaitu variabel pembelajaran secara langsung dengan pembelajaran secara tidak langsung, dimana pembelajaran secara langsung yaitu didahului dengan demonstrasi lebih bagus dengan nilai rata-rata standart deviasi sebesar 0,6831 dan nilai varians sebesar 0,46667 dari pada pembelajaran metode tidak langsung atau tanpa didahului dengan demonstrasi dengan nilai rata-rata standart deviasi sebesar 0,7932 dan nilai varians sebasar 0,6292. Dengan menggunakan taraf signifikan sebesar 5% maka hasil T table didapatkan harga T 68: 0,05: 1,70 karena T hitung (2,149)>T tabel (1,70)maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai kelompok langsung dan kelompok tidak langsung. Sehingga dapat dikatakan Hipotesis nol (H0) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI