HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA PUTRA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ADAM MUCHLISIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0006

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hubungan antara panjang tungkai terhadap kemampuan lompat tinggi gaya straddle pada siswa putra kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. (2) Hubungan antara kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan lompat tinggi gaya straddle pada siswa putra kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. (3) Hubungan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan lompat tinggi gaya straddle pada siswa putri kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa putra kelas XI SMK PGRI 4 Kediri , sejumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan pengukuran untuk tes panjang tungkai dengan antropometer dan untuk tes kekuatan otot tungkai dengan back and leg dynamometer, dan untuk tes kemampuan lompat tinggi dengan lompat tinggi gaya straddle. Hasil tes dan pengukuran kemudian dianalisis dengan teknik pengolahan data SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi yang menunjukkan besarnya rhitung secara parsial untuk panjang tungkai yaitu sebesar 0,921 dan kekuatan otot tungkai yaitu sebesar 0,962. Sedangkan secara simultan diperoleh rhitung sebesar 0,976, hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan rtabel yaitu sebesar 0,514. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan lompat tinggi gaya straddle pada siswa putra kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Simpulan penelitian : Ada hubungan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan terhadap kemampuan lompat tinggi gaya straddle pada siswa putra kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Saran yang dapat disampaikan adalah (1) Kepada guru hendaknya selalu memperhatikan kondisi fisik siswa terlebih daulu ketika ingin memberikan pembelajaran lompat tinggi gaya straddle khususnya. (2) Kepada siswa harus siap untuk mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran apapun yang diberikan guru dan selalu bersedia dengan kesadaran sendiri untuk mengikuti petunjuk dan arahan yang diberikan guru. (3) Siswa juga perlu meningkatkan berbagai aktivitas dan mengembangkan berbagai metode atau cara untuk dapat meningkatkan kemampuan lompat tinggi gaya straddle. (4) Disarankan kepada peneliti masa mendatang untuk bisa mengembangkan dan meneliti dari aspek lain yang sekiranya dapat berpengaruh terhadap kemampuan lompat tinggi gaya straddle.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI