MODIFIKASI PERMAINAN BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SDN MAJENANG II KECAMATAN KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN


Author (Penulis)

ACHMAD RELA P
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0004

Abstract

Abstrak Achnad Rela Pambudi : Modifikasi permainan bola gantung untuk meningkatkan motivasi belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas 4 SDN Majenang II Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : Modifikasi, permainan bola gantung, motivasi, efektifitas belajar. Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa hasil pembelajaran Penjasorkes di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar siswa yang masih sangat rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) apakah penerapan modifikasi permainan bola gantung dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ? (2) apakah penerapan modifikasi permainan bola gantung dapat meningkatkan efektifitas belajar penjasorkes ?. Penelitiam ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian pada siswa kelas 4 SDN Majenang II , penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktifitas siswa, catatan lapanagan dan lembar observasi aktifitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pemblejaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan modifikasi permainan bola gantung untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (2) melalui siklus tindakan terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan peningkatan yang cukup signifikan apabila dillihat dari presentase ketuntasan blejar klasikal siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggumaan modifikasi permainan bola gantung adalah untuk mengembangkan nilai afektif siswa. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harud mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang dapat membangun rasa tanggung jawab, kerjasama dan sprotif (2) guru masih perlu terus meneliti untuk mengembangkan apakah permainan bola gantung sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI