PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA (Objek Studi pada Siswa Kelas XI TKR di SMK NEGERI 1 GROGOL Tahun 2015/2016)


Author (Penulis)

ABDURRAHMAN ALFIN QOSIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0002

Abstract

Dalam dunia pendidikan peran seorang guru sangat penting, sehingga diperlukan suatu modifikasi permainan yang dapat mendorong meningkatan kemampuan siswa.Salah satunya menggunakan permainan yang dimodifikasi secara menarik dan kreatif, sehingga siswa dalam pembelajaran dapat melakukan gerakan-gerakan yang optimal.Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu.Dengan menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif.penelitian ini populasi adalah keseluruhan siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola sebelum dan sesudah melalui modifikasi permainan pada siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil ratarata pre-test sebesar 44,08 sedangkan hasil rata-rata post-test 63,08. 2) Besarnya pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol yaitu sebesar 43,10%. Dengan demikian siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol lebih meningkat hasil belajar passing sepakbola setelah diberikan modifikasi permainan. Kata Kunci : Modifikasi, hasil belajar, passing, sepakbola.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-27

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI