PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA (Objek Studi pada Siswa Kelas XI TKR di SMK NEGERI 1 GROGOL Tahun 2015/2016)
Author (Penulis)
ABDURRAHMAN ALFIN QOSIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0002
Abstract
Dalam dunia pendidikan peran seorang guru sangat penting, sehingga diperlukan suatu modifikasi
permainan yang dapat mendorong meningkatan kemampuan siswa.Salah satunya menggunakan
permainan yang dimodifikasi secara menarik dan kreatif, sehingga siswa dalam pembelajaran dapat
melakukan gerakan-gerakan yang optimal.Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian
eksperimen semu.Dengan menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif.penelitian ini populasi adalah
keseluruhan siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara modifikasi
permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola sebelum dan sesudah melalui modifikasi permainan
pada siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil ratarata
pre-test sebesar 44,08 sedangkan hasil rata-rata post-test 63,08. 2) Besarnya pengaruh modifikasi
permainan terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol
yaitu sebesar 43,10%. Dengan demikian siswa kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Grogol lebih meningkat
hasil belajar passing sepakbola setelah diberikan modifikasi permainan.
Kata Kunci : Modifikasi, hasil belajar, passing, sepakbola.