Tindak Tutur dalam Video Praktik Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan Tahun 2011


Author (Penulis)

SURAHMAT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0106

Abstract

Abstrak Surahmat (11.1.01.07.0106): Tindak Tutur dalam Video Praktik Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Pragmatik, Tindak Tutur, Lokusi, Ilokusi, Perlokusi, Micro Teaching. Peristiwa tutur selalu terjadi pada waktu, tempat, dan situasi tertentu. Salah satu contohnya adalah peristiwa tutur yang terjadi ketika mahasiswa tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011 melaksanakan kegiatan micro teaching. Peristiwa tutur tersebut berisi serangkaian tindak tutur yang dilakukan mahasiswa yang berperan sebagai guru dan murid. Hal tersebut menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam video praktik mengajar (micro teaching) tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011. Tindak tutur termasuk dalam kajian pragmatik, yaitu cabang ilmu yang mempelajari pengunaan bahasa dalam konteks tertentu. Tindak tutur adalah tindakan-tindakan yang ditampilkan lewat tuturan. Tindak tutur menurut J. L. Austin terdiri atas tiga bentuk, yaitu tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Ketiga jenis tindak tutur tersebut digunakan mahasiswa tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011 pada saat melaksanakan kegiatan micro teaching. Micro teaching adalah cara latihan keterampilan keguruan atau praktik mengajar dalam ruang lingkup kecil/terbatas. Micro teaching merupakan syarat mutlak bagi mahasiswa yang akan mengikuti praktik mengajar di lapangan (PPL II). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dari subjek penelitian yang diamati. Sumber data penelitian ini berupa person, yaitu mahasiswa tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011 yang melakukan kegiatan praktik mengajar (micro teaching). Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode simak dengan teknik sadap dan dua teknik lanjutan, yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif karena data penelitian berupa data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam video praktik mengajar (micro teaching) mahasiswa tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011 diketahui terdapat jenis tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Tindak tutur lokusi yang terdapat dalam video praktik mengajar (micro teaching) mahasiswa tingkat 3A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP Kediri Angkatan Tahun 2011 digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang hendak dicapai. Tindak tutur ilokusi digunakan untuk melakukan berbagai tindakan. Tindakan tersebut meliputi menawarkan, memperingatkan, memerintah, menyindir, menyarankan dan memuji. Tindak tutur perlokusi digunakan untuk memengaruhi lawan tutur agar melakukan sesuatu yang terkandung dalam tuturan tersebut. Tindak tutur perlokusi dalam kegiatan micro teaching ini berupa tindakan memengaruhi, membujuk, dan mendorong. Berdasarkan hasil simpulan penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak, yaitu 1) bagi para pembaca agar menggunakan bahasa dengan baik sesuai situasi dan benar menurut kaidah, 2) bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis dengan mengambil pokok bahasan yang berbeda dan subjek penelitian yang lebih banyak, 3) bagi guru dan calon tenaga pendidik agar dapat menggunakan bahasa yang baik, benar dan kreatif, dan 4) bagi rekan-rekan mahasiswa agar terus melahirkan karya-karya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI