NILAI MORAL DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA


Author (Penulis)

NOVITA AMALIA N. W.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0075

Abstract

Novita Amalia N.W : NILAI MORAL DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : Nilai moral, novel Novel Edensor adalah novel ketigadari Andrea Hirata, berbeda dengan dari dan Sang Pemimpi, Edensor mengambil latar di luar negeri saat tokoh utamanya, Ikal dan temannya Arai mendapatkan bea siswa dari Eropa unruk kuliah S2 di Prancis. Dalam Edensor tokoh utama tersebut yang berasal dari pedalaman Melayu di Pulai Belitong tiba-tiba berada di Paris. Mimpi-mimpi untuk menjelajahi Eropa sampai Afrika dan menemukan jati diri mereka. Dan pencarian akan cinta sejati menjadi motivasi yang menyemangati penjelajah-an mereka dari bekunya musim dingin di daratan Rusia di Eropa sampai panas kering di gurun Sahara. Namun itu semua mereka dapatkan tidak hanya dengan usaha mereka sendiri tetapi ada orang tua yang selalu mendoakan dan mendukung mereka. Terutama ayah Ikal yang selalu memperhatikan anak-nya lewat sepucuk surat. Ikallah anak yang patuh kepada orang tua, halitulah yang menjadi Ikal bias mendapatkan semua yang Ikal inginkan. Masalah yang terdapat pada penelitian ini, yakni nilai moral hak dan kewajiban manusia meliputi, (1) kewajiban terhadap diri sendiri, (2) akhlak orang tua terhadap anaknya, (3) akhlakanakkepada orang tuanya.Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mendapatkan deskrisi nilai moral dalam novel “Edensor” karya Andrea Hirata secara lengkap dan benar. Adapun manfaatnya adalah Hasil penelitian berupa deskripsi nilai-nilai moral seperti ini diharapkan dapat menambah khasanah penelitian sastra Indonesia khususnya dengan menggunakan pendekatan moral. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan mampu melengkapi usaha pendeskripsian karya sastra Indonesia yang telah ada dalam rangka usaha pembinaan dan pengembangan apresiasi sastra. Secara pratisi, penelitian ini dapat dijadikan pedoman peneliti tingkat selanjutnya, khususnya terkait dengan nilai moral dalam novel. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data berupa kalimat. Sedangkan sumber data Sumber data substantive penelitian ini berupa kalimat yang mengandung nilai-nilai moral yang terdapat dalam cerita novel “Edensor” Karya Andrea Hirata. Sumber lokasi dalam penelitian ini diambil dari novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata.Oleh karena itu, dalam pengumpulan data peneliti melakukan teknik simak dan catat. Prosedur penelitian, peneliti melakukan pengumpulan data dilakukan dengan menyimak teks novel dan selanjutnya mencatat hasil menyimaknya. Kesimpulan hasil penelitian aspek struktural dalam novel Edensor karya Andrea Hirata ialah (1) Tema mayor pencarian diri dan cinta, (2) tema minor mendapatkan beasiswa S2 ke Eropa, Keunikan setiap daerah yang mereka kunjungi saat mewujudkan mimpi untuk mengelilingi Eropa, dan mencari A Ling. Tokoh dalam penelitian novel Edensor karya Andrea Hirata ialah, tokoh utama, tokoh pendamping, tokoh bawahan, tokoh figuran dan tokoh bayangan. Konflik yang terdapat dalam penelitian ini ialah konflik batin dan konflik fisik. Unsur ekstrinsik dalam penelitian novel karya Andrea Hirata iala nili moral meliputi hak dan kewajiban terhadap disendiri, akhlak anak kepada orang tuanya dan akhlak orang tua kepada anaknya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan kepada beberapa pihak Hasil penelitian Nilai Moral dalam Novel “Edensor” karya Andrea Hirata diharapkan mampu menambah pengetahuan pembaca sekaligus membuktikan bahwa terdapat pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Pembaca diharapkan mampu memetik amanat yang dapat dijadikan pedoman atau pertimbangan hidup yang lebih baik. Bagi dunia pendidikan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang berkaitan dengan apresiasi sastra novel. Dalam dunia pendidikan penelitian ini digunakan untuk guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam proses pembelajaran tentang karya sastra berupa novel.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI