KOHESI KOHERENSI PADA TAJUK RENCANA JAWA POS


Author (Penulis)

IRLA NURILIA IFFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0053

Abstract

ABSTRAK IRLA NURILIA IFFA . 11.1.01.07.0053. Kohesi dan Koherensi Tajuk Rencana Jawa Pos 2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri,2015. Kata Kunci: kohesi, koherensi, wacana tajuk rencana Salah satu ragam bahasa tulis yang digunakan untuk menyampaikan ide, pendapat, dan gagasan adalah media massa. Dengan bahasa jurnalistik, media massa yang khas. Bahasa jurnalistik memiliki ciri-ciri: singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, menarik, lugas, mudah dipahami, dan tidak bertele-tele tetapi tetap tidak meninggalkan kaidah yang dimiliki oleh ragam bahasa Indonesia baku dalam hal pemakaian kosakata, struktur sintaksis, dan wacana. Dengan demikian salah satu contoh yang dapat digunakan untuk pembina-an dan pengembangan bahasa Indonesia adalah wacana di media massa Jawa Pos. Wacana Jawa Pos merupakan salah satu sarana yang paling penting dalam me-lakukan pembinaan bahasa Indonesia karena wacana Jawa Pos merupakan satu dari banyak media massa yang menjadi sarana komunikasi masyarakat. Dalam wacana tajuk rencana ini, ditulis dengan penggunaan dan penataan kalimat sesuai kaidah tata bahasa indonesia. Namun, ternyata masih juga terdapat kalimat yang tidak kohesif dan koheren. Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada (1) bagaimanakah bentuk kohesi gramatikal dalam tajuk rencana Jawa Pos 2015, (2) bagaimanakah bentuk koherensi dalam tajuk rencana Jawa Pos 2015. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi pada tajuk rencana Jawa Pos 2015 sedangkan tujuan secara khusus (1) Mendeskripsi-kan bentuk kohesi gramatikal dalam tajuk rencana Jawa Pos 2015, (2) Mendeskripsikan bentuk koherensi tajuk rencana Jawa Pos 2015. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan bentuk kohesi dan koherensi. Data dalam penelitian ini berupa data tulis, yang kalimatnya mengandung kohesi gramatikal dan koherensi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari tajuk rencana Jawa Pos 2015. Adapun wacana yang akan disajikan sumber data dibatasi hanya pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2015, sedang-kan data penelitian berwujud potongan teks tulis wacana tajuk rencana. Instrumen penelitian ini adalah diri peneliti karena data diperoleh dari dokumen yang berupa data verbal atau tulisan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak. Dengan kata lain metode simak dalam penelitian ini tidak mengunakan alat perekam, tetapi yang digunakan dengan cara membaca dan memahami wacana, karena datanya berbentuk teks atau tulisan. Penelitian ini menggunakan pendeketan teoretis yang berupa pendekatan analisis wacana dan pendekatan metodologis yang berupa pendekatan analisis ke-wacanaan. Data dalam penelitian ini berwujud penggalan tuturan atau wacana yang diduga mengandung kohesi dan koherensi dalam wacana tajuk rencana yang terdapat dalam tajuk rencana Jawa Pos 2015, kemudian ditentukan beberapa para-graf atau kalimat yang dipandang cukup mewakili sebagai contoh. Data dianalisis menggunakan teknik bagi unsur langsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa wacana pada tajuk rencana Jawa Pos 2015, terjalin dengan adanya aspek penanda kohesi dan aspek koherensi. Aspek kohesi gramatikal terdiri atas pengacuan referensi, subtitusi, pelesapan (elipsis), perangkaian (konjungsi). Sedangkan aspek koherensi terdiri dari hubungan makna yang berupa hubungan waktu (temps), sebab (cause), akibat (conséquence), pertentangan (l’opposition), perbandingan (comparaison), tujuan (but), aditif (addition), tujuan, syarat (condition) atau tak bersyarat (concession). Dari hasil penelitian dapat diberikan saran (1) bagi media cetak, hendaknya redaktur, jurnalis media massa cetak dapat menata program komputer dalam bahasa Indonesia dan meneliti kembali naskah tajuk sebelum diterbitkan adalah cara yang tepat untuk mengurangi kesalahan dalam pembuatan dan penulisan se-buah tajuk, (2) bagi dunia pendidikan khususnya mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat melakukan sebuah tindakan misalnya mengkritisi atau menganalisis penulisan yang telah dimuat dalam media tersebut.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI