PENYIMPANGAN KESANTUNAN TINDAK TUTUR SISWA DI LINGKUNGAN SMAN 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
DEWI NURMA AMBARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.07.0031
Abstract
DEWI NURMA AMBARWATI 11.1.01.07.0031, Penyimpangan Kesantunan Tindak Tutur Siswa di Lingkungan SMAN 5 Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah maksim kebijaksanaan dalam tindak tutur siswa di lingkungan SMAN 5 Kediri tahun pelajaran 2014-2015?, (2) Bagaimanakah maksim kedermawanan dalam tindak tutur siswa di lingkungan SMAN 5 Kediri tahun pelajaran 2014-2015?,(3) Bagaimanakah maksim penghargaan dalam tindak tutur siswa di lingkungan SMAN 5 Kediri tahun pelajaran 2014-2015?, (4)Bagaimanakah maksim ke-sederhanaan dalam tindak tutur siswa di lingkungan SMAN 5 Kediri tahun pelajaran 2014-2015?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data yang digunakan adalah tindak tutur siswa SMA Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014-2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, sedangkan teknik untuk pengumpulan data menggunakan teknik simak libat cakap, simak bebas libat cakap, catat, dan teknik rekam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, ditemukan penyimpangan terhadap prinsip kesantunan. Penyimpangan terhadap prinsip ke-santunan ditemukan pada banyak data dan meliputi beberapa maksim (tiga mak-sim). Penyimpangan paling banyak ialah terhadap maksim penghargaan, yang diikuti oleh maksim kesederhanaan, dan kebijaksanaan. Kedua, tidak ditemukan penyimpangan pada maksim kedermawanan.
Kata kunci: Penyimpangan, Kesantunan, Tindak Tutur Siswa.