KESALAHAN PENGGUNAAN EYD DALAM ARTIKEL SISWA MTS. SUNAN KALIJOGO PADA MAJALAH IMASKA


Author (Penulis)

DEWI AMANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0030

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa dalam rubik artikel pada majalah IMASKA kurang memperhatikan unsur EYD hingga ada beberapa wacana yang terdapat kesalahan penulisan. Sedangkan, menulis merupakan suatu ketrampilan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis, penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa dan kosa kata. Penelitian terhadap rubrik artikel yang terdapat pada majalah IMASKA ini lebih ditekankan pada penulisan artikel yang tidak sesuai dengan aturan kebahasaan yakni, unsur EYD. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan sangatlah berfariasi, namun dalam penelitian ini lebih menfokuskan pada penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca dan penulisan kata dalam kalimat artikel. Permasalahan penulisan ini adalah (1) bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan huruf kapital dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo pada majalah IMASKA? (2) bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan tanda baca dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo pada majalah IMASKA? (3) bagaimanakah bentuk kesalahan penulisan kata dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo pada majalah IMASKA? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan huruf kapital dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo pada majalah IMASKA. (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan tanda baca dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo pada majalah IMASKA. (3) Mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kata dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo pada majalah IMASKA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kesalahan penulisan EYD dalam artikel siswa MTs. Sunan Kalijogo edisi 2011-2015 atau edisi 01-05. Data deskriptif yang digunakan adalah analisis dokumenter karena penelitian ini tidak melihat kasus dalam peristiwa tutur, tidak membutuhkan survey dalam melakukan penelitian, dan bukan studi tindak lanjut dari penelitian sebelumnya, tidak menggunkan analisis kecenderungan karena penelitian ini menggunakan model kualitatif, serta penelitian ini tidak melihat adanya dua variabel yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkarena penelitian ini hendak mendiskripsikan atau memberikan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif kesalahan pemakaian bahasa dalam artikel majalah IMASKA tahun 2011-2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak karena cara yang digunakan untuk memperoleh data dengan cara menyimak penggunaan bahasa dan bahasa yang disimak adalah bahasa tulis yaitu berupa artikel siswa pada majalah IMASKA. Diri peneliti berperan sebagai instrumen penelitian, selain itu juga digunakan alat untuk mendukung dalam pengumpulan data yaitu bolpoin dan stabilo serta instrumen tambahan lainnya. Hasil penelitian ini ditemukan kesalahan penggunaaan huruf kapital, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan penulisan kata pada penulisan artikel siswa. Kesalahan penggunaan huruf kapital pada artikel siswa di majalah IMASKA, yaitu pada huruf pertama kata pada awal kalimat, huruf pertama dalam kata dan ungkapan yang berhubungan dengan agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan, huruf pertama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang, huruf pertama nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang, nama instansi, atau nama tempat, huruf pertama nama khas dalam geografi, huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa, huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah, dan huruf pertama kata ganti Anda. Penggunaan tanda baca ditemukan kesalahan pada tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik dua (:), tanda seru (!), dan tanda kurung ( ). Dan kesalahan penulisan kata pada penulisan artikel siswa ditemukan pada penggunaan kata depan atau preposisi (di, ke, dari), dankata tidak baku. Kesalahan penggunaan tanda baca relatif sering terjadi, dibandingkan dengan kesalahan penulisan huruf kapital dan penulisan kata. Dengan prosentase, kesalahan pemakaian huruf kapital 45%, kesalahan penggunaan tanda baca 47%, kesalahan penulisan kata 7%. Penyebab kesalahan penggunaan bahasa dapat ditimbulkan dari diri sendiri karena kurang paham mengenai apa itu kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, penulisan kata yang baik. Selain faktor kurang paham terhadap apa yang sedang dikerjakan juga terdapat faktor kehatihatian. Kesalahan yang bersumber dari luar diri sendiri dapat terjadi karena adanya faktor keterkaitan. Faktor keterkaitan yang dimaksud adalah banyaknya orang yang ikut melibatkan diri dalam penulisan artikel yang sedang dibuat. Kata Kunci: EYD, artikel

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI