PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI SMK KOSGORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DEFITA UTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0027

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa selama ini nilai kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016 masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimum. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model lama, yaitu model ceramah dan masih menekankan kepada teori. Oleh karena itu, peserta didik kurang latihan dalam menulis, sehingga peserta didik kurang memahami tentang penggunaan tanda baca, kaidah-kaidah penulisan, penggunaan diksi, struktur klausa, dan struktur kalimat yang benar. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw?; (2) bagaimanakah kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw?; (3) seberapa pentingkah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen utama dan instrumen penunjang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, sedangkan instrumen penunjangnya berupa hasil pengamatan dengan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil karangan siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw masih rendah. Hal ini dibuktikan pada tahap prasiklus bahwa siswa yang mendapat nilai ? 75 (tuntas) sebanyak 0 siswa (0%), sedangkan siswa yang mendapat nilai <75 (tidak tuntas) sebanyak 32 siswa (100%).; (2) kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw semakin meningkat. Hal ini dibuktikan pada siklus I siswa yang mendapat nilai ? 75 (tuntas) sebanyak 14 siswa (64%) dan yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar berkurang menjadi 8 siswa (36%). Pada siklus II terjadi peningkatan, siswa yang mendapat nilai ? 75(tuntas) sebanyak 19 siswa (86%), sedangkan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 3 siswa (14%).; (3) pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : menulis, argumentasi, kooperatif, jigsaw

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI