PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI TENTANG KEINDAHAN ALAM DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VII-A MTS. AL HASAN MA\'ARIF KRATON-MOJO-KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANITA WULAN PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0016

Abstract

Anita Wulan Pratiwi : Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi tentang Keindahan Alam dengan Penggunaan Media Audiovisual Siswa Kelas VII-A MTs. Al Hasan Ma’arif Kraton-Mojo-Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Pembelajaran menulis puisi merupakan kegiatan belajar yang bersifat produktif. Berdasarkan wawancara yang pernah dilakukan dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia MTs. Al Hasan Ma’arif Kraton-Mojo-Kediri, lemahnya keterampilan menulis puisi peserta didik ada pada proses menentukan tema,mengembangkan tema, serta dalam menentukan diksi.Selain itu, peserta didik jugakurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut juga disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, terutama pembelajaran menulis puisi.Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk perbaikan pembelajaran keterampilan menulis puisi.Solusi yang diberikan dalam penelitian ini berkenaan dengan menulis puisi adalah dengan menggunakan media audiovisual yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VI-A MTs. Al Hasan Ma’arif Kraton-Mojo-Kediri. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan menulis kreatif puisi siswa kelas VII-A MTs AL Hasan Ma’arif Kraton Mojo Kediri tahun pelajaran 2016/2017? (2) Apakah penerapan media audiovisual dapat meningkatkan aktifitas belajar menulis kreatif puisi siswa kelas VII-A MTs. AL Hasan Ma’arif Kraton Mojo Kediri tahun pelajaran 2016/2017? (3) Apakah penerapan media audiovisual dapat meningkatkan hasil menulis kreatif puisi siswa VII-A MTs. AL Hasan Ma’arif Kraton Mojo Kediri tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II, target rata-rata nilai kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70,00, serta pembobotan skor yang lebih tinggi pada aspek diksi dari aspek lainya pada pembelajaran menulis puisi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi peserta didik kelas kelas VII-A MTs. Al Hasan Ma’arif Kraton-Mojo-Kediri.Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes.Teknik tes berupa keterampilan menulis puisi menggunakan media audiovisual. Berdasarkan hasil analisis data persiklus, siklus I, dan siklus II diketahui ratarata nilai kelas yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi meningkat.Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 62,6% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,0%. Perilaku peserta didik juga mengalami perubahan ke arah positif selama mengikuti proses pembelajaran menulis puisi menggunakan media audiovisual .Peserta didik menjadi lebih aktif dan tertarik terhadap pelajaran menulis puisi serta mengubah perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif. KATA KUNCI : menulis puisi, unsur fisik dan unsur batin puisi, dan media audiovisual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI