ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengalaman dan pengamatan peneliti selama delapan tahun berdinamika di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Gelaran Buku Jambu Daar El Fikr Desa Jambu Kacamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Selama itu pula peneliti menemukan fakta di lapangan bahwa minat membaca anak-anak dan remaja usia sekolah di Desa Jambu masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya tidak adanya akses bacaan yang mudah dan murah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana minat membaca anak-anak dan remaja usia sekolah di Desa Jambu sebelum TBM Gelaran Buku Jambu Daar El Fikr menerapkan Program Ndarus?; (2) Bagaimana upaya membangun minat membaca melalui Program Ndarus di TBM Gelaran Buku Jambu Daar El Fikr?; (3) Bagaimana minat membaca anak-anak dan remaja usia sekolah di Desa Jambu sesudah TBM Gelaran Buku Jambu Daar El Fikr menerapkan Program Ndarus? Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan minat membaca anak-anak dan remaja usia sekolah TBM Gelaran Buku Jambu Daar El Fikr membuat program ndarus yang terdiri dari: (1) Tadarus Sastra; (2) Ulas Baca; (3) Lesehan Pustaka; (4) Nonton Serempak; (5) Terbit Karya; dan (6) Festival Literasi. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan minat membaca anak-anak dan remaja usia sekolah di Desa Jambu sebelum menerapkan program ndarus sangat rendah. Dengan menyusun program yang memanfaatkan tradisi ndarus yang telah mengakar di masyarakat Desa Jambu ternyata dapat meningkat minat membaca anak-anak dan remaja usia sekolah. Hal ini ditandai dengan ketertarikan anak-anak dan remaja dengan ragam program pengembangan minat baca yang dijalankan. Selain itu, kunjungan, peminjaman buku, dan akses layanan pendaftaran anggota di taman baca ini juga meningkat. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) perlunya ide kreatif dalam menggagas program peningkatan minat membaca dengan memanfaatkan segala potensi lokal; (2) perlunya pendampingan yang intens dan harus disertai dengan ragam bentuk program yang mampu memikat supaya tidak terjadi kejenuhan; (3) dan terakhir perlunya kesabaran dan konsistensi dalam menjalankan program peningkatan minat membaca karena di lapangan selalu ada hal yang menantang.
Kata Kunci : minat, membaca, ndarus, taman baca
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Cet.15 . Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: Gramedia.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2017. Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Penyelenggaraan Program Pengembangan Budaya Baca Tahun 2017. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2014. Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Usaha Mandiri, dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rintisan (Dekonsentrasi). Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat.
Endarmoko, Eko. 2007. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Flick, Uwe dkk(ed.). 2017. Buku Induk Penelitian Kualitatif: Paradigma Teori, Metode, Prosedur, dan Praktek. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Gong, Gol A. Dan Irkham, Agus M. 2012. Gempa Literasi Dari Kampung untuk Nusantara. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia(KPG).
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Ahmad Ikhwan (ed). 2009. Aku dan Ibuku: Catatan Bakti Sepekan Anak-Anak Jambu Kediri. Kediri: Iboekoe.
Irkham, Agus M, “Matabaru Gerakan Membaca”, dalam
http://indonesiabuku.com/?p=3760. Akses tanggal 26 Desember 2017.
_______________, “Tentang Membaca–Sebuah tinjauan kritis terhadap pandangan dominan”, dalam http://indonesiabuku.com/?p=10639. Akses tanggal 26 Desember 2017.