PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCHTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAMBON TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
YUYUN MASRURIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0104
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make A Match terhadap prestasi belajar siswa kelasVIII SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2015/2016 (2) Untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon mengenai model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make A Match.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling (sampel acak), yaitu siswa kelas VIII-5 sebagai kelompok yang menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan siswa kelas VIII-4 sebagai kelompok yang menerapkan model pembelajaran Make A Match. Instrument penelitian yang diberikan berupa soal tes sebanyak 20 soal dengan 4 option dan angket sebanyak 15 butir dengan 2 option. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Two Group, Pretest posttest design. Analisis data menggunakan uji Independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua perhitungan diolah dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for Windows.
Berdasarkan uji Independent sample t-test menggunakan SPSS versi 16.0 for Windows diperoleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 yaitu 0,020. Hal tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make A Match, dengan nilai rata-rata kelas VIII-5 yang menerapkan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) sebesar 82 dan nilai rata-rata siswa yang menerapkan model pembelajaran Make A Match sebesar 76. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang menenerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Make A Match.Siswa juga memberikan tanggapan positif mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Make A Match.