PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN LOCAL MATERIALS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INKUIRI, KETERAMPILAN METAKOGNISI, INTERAKSI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 1 MOJO KEDIRI BERBASIS LESSON STUDY


Author (Penulis)

YOHANA AYU PRIMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0098

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Group Investigation melalui Lesson Study berbasis Local Materials, yaitu penggunaan bahan-bahan di sekitar lingkungan untuk meningkatkan kemampuan inkuiri, keterampilanmetakognisi, interaksi sosial dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Mojo Kediri pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study dan dirancang sebanyak 2 siklus mulai Maret sampai April 2015 dengan melibatkan 1 guru model dan 4 observer. Data kemampuan inkuiri siswa diperoleh dari lembar observasi kemampuan inkuiri proses,data keterampilan metakognisi siswa diperoleh dari tes uraian yang terintegrasi dengan hasil belajar menggunakan rubrik dari Corebima (2009), data interaksi sosial diperoleh dari angkaet interaksi sosial siswa dan data hasil belajar diperoleh dari soal uraian. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif antara siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan inkuiri siswa kelas X SMAN 1 Mojo Kediri dari 60,8% pada siklus I menjadi 65,8% pada siklus II; keterampilan metakognisi siklus I ke siklus II, yaitu dari 73% menjadi 75%; interaksi sosial siswa dari 88,56% pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II; hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 53,61% menjadi 76,14%. Nilai positif yang diperoleh dari Penelitian Tindakan Kelas melalui Lesson Study yaitu guru dapat mengetahui tentang hal-hal yang menjadi penyebab kurang maksimalnya proses pembelajaran dan mengatahuicara penyelesaian masalah secara kolaborasi.Penggunaan local materials juga sangat mendukung proses pembelajaran, siswa semakin tertarik terhadap pembelajaran dan semakin kreatif dalam menemukan media yang sesuai. Kata Kunci : group investigation, lesson study,local materials,kemampuan inkuiri, keterampilanmetakognisi, interaksi sosial, hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI