Perbedaan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dipadukan Co-Op Co-Op pada Materi Kerusakan Lingkungan Kelas VII SMPN 1 Kalidawir


Author (Penulis)

WINENDY YUNITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0091

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran di SMPN 1 Kalidawir yang masih menggunakan cara konvensional sehingga siswa tidak mampu mengembangkan kemampuan dirinya. Siswa cenderung pasif dan hanya mampu menguasai materi yang disampaikan guru saja atau bahkan sama sekali tidak menguasai materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dipadukan Co-Op Co-Op pada materi Kerusakan Lingkungan kelas VII SMPN 1 Kalidawir (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dipadukan Co-Op Co-Op pada materi Kerusakan Lingkungan kelas VII SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian eksperimen Postest-Only Control Design. Desain penelitian ini diambil dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random yaitu kelas VII B jumlah siswa 32 orang anak dengan perlakuan model pembelajaran Group Investigation dan kelas VII D jumlah siswa 34 orang anak dengan perlakuan model pembelajaran Group Investigation dipadukan Co-Op Co-Op pada materi Kerusakan Lingkungan di SMPN 1 Kalidawir. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa menggunakan lembar interaksi siswa sedangkan hasil belajar menggunakan postest. Data yang diambil kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation dipadukan Co-Op Co-Op lebih baik dengan hasil presentasenya, kelas kontrol siswa yang sangat aktif 12,5%, siswa yang aktif 18,8%, dan siswa yang cukup aktif 68,8% sedangkan untuk kelas eksperimen siswa yang sangat aktif 41,2%, siswa yang aktif 32,4%, dan siswa yang cukup aktif 26,5% sedangkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation dipadukan Co-Op Co-Op lebih baik dengan perbedaan hasil rata-rata dari kelas kontrol 75,1563 dan kelas eksperimen 80,2941 dengan nilai sig (2-tailed) 0,003? 0,05. Kata kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, Group Investigation, dan Co-Op Co-Op

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI