PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) YANG DI PADU DENGAN CONCEPT MAPPING BERBASIS LOCAL MATERIAL MELALUI LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEMAMPUAN INKUIRI, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN/IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH
Author (Penulis)
WINDARINI DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0090
Abstract
ABSTRAK
Situasi kelas X-1 IPA SMA Muhammadiyah Kediri saat proses pembelajaran belum sepenuhnya terkendali, siswa lebih memilih diam jika ditanya saat proses pembelajaran berlangsung, karena itu guru tidak dapat mengetahui motivasi serta kemampuan inkuiri tiap siswa yang ada di kelas. Keterbatasan media serta alat-alat laboratorium saat proses belajar mengajar juga berpengaruh pada hasil belajar siswa, karena media yang dibutuhkan masih kurang jika ada tugas siswa lebih memilih untuk mencari di internet dan hal itu berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal.
Dari penelitian yang dilakukan dengan pelaksanaan PTK menggunakan model Kemmis & Taggart dengan beberapa siklus yaitu dimana dalam setiap siklusnya mencakup empat tahap pelaksanaan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan tindakan, dan refleksi hasil tindakan, pembelajaran GI dipadu dengan Concept Mapping berbasis Local Material melalui Lesson Study ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi, kemampuan inkuiri dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase nilai rata-rata yang terjadi pada motivasi dari siklus I ke siklus II yaitu 10%. Peningkatan persentase nilai rata-rata yang terjadi pada kemampuan inkuiri dari siklus I sebesar 14% ke silkus II sebesar 44%. Peningkatan persentase nilai rata-rata yang terjadi pada hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 13% ke siklus II sebesar 15%.
Kata Kunci:Motivasi, Kemampuan Inkuiri, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation yang dipadu Concept Mapping