Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Strategi Peta Konsep terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Dunia Hewan (Animalia) Kelas X di SMAN 6 Kediri


Author (Penulis)

SUCI KUSNIA DINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0084

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Strategi Peta Konsep terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan desain true experimental design dengan jenis postest only control design.Sampel penelitian yang digunakan adalah dua kelas yang dipilih secara random yaitu kelas X-1 berjumlah 31 siswa dan X-2 berjumlah 31 siswa.Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran, tes hasil belajar dan instrumen keaktifan. Teknik analisis data menggunakan uji-t.dari analisis diperoleh t-hitung ? t-tabel yaitu 3.011 ? 2.000, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Nilai keaktifan siswa dari kelas eksperimen 1 siswa yang mendapatkan kategori keaktifan sangat baik sebanyak 3 siswa dengan prosentase sebesar 9,6%, kategori baik sebanyak 8 orang dengan prosentase sebesar 25,8%, kategori cukup sebanyak 9 orang dengan prosentase sebesar 29%, kategori kurang sebanyak 7 orang dengan prosentase sebesar 22,5% dan kategori sangat kurang sebanyak 4 orang dengan prosentase sebesar 13%. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 siswa yang mendapatkan kategori keaktifan sangat baik sebanyak 4 orang sebesar 13 %, kategori baik sebanyak 19 orang dengan prosentase sebesar 61,3%, kategori cukup sebanyak 5 orang dengan prosentase sebesar 16%, kategori kurang sebanyak 1 orang dengan prosentase sebesar 3,2%dan kategori sangat kurang sebanyak 2 orang dengan prosentase sebesar 6,5% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan strategi Peta Konsep lebih efektif jika digunakan pada materi dunia hewan (Animalia) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Dunia Hewan, Group Investigation, Hasil Belajar, Keaktifan, Peta Konsep.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI