Perbedaan Interaksi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Semen Kediri Pada Materi Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dalam Upaya Pelestarian Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Grup Investigation (GI) dan Student Teams Achievement Division (STAD)
Author (Penulis)
SUCI ERVIRA PUSPITA ARUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0083
Abstract
ABSTRACK:
Model pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang
dirancang untuk membimbing para siswa mendefinisikan suatu masalah dan model pembelajaran Student
Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode yang melibatkan siswa dan guru
dalam pemecahan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan interaksi dan hasil
belajar siswa dari dua model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD)
dan tipe Grup Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan secara quasi ekeperiment yang berdesain true
eksperimental design dengan jenis Posttest-Only control design. Sampel penelitian diambil secara random
yaitu kelas VIIC yang berjumlah 37 siswa dengan perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas VIID
yang berjumlah 38 siswa dengan perlakuan model pembelajaran GI dari SMPN 1 Semen Kediri pada
materi keanekaragam mahkluk hidup dalam upaya pelestarian ekosistem. Parameter yang diambil adalah
interaksi belajar siswa yang diukur dengan lembar interaksi siswa dan hasil belajar siswa yang diukur
dengan posttest. Data yang diambil selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar yang diperoleh siswa lebih
baik dibanding dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan rata-rata dari kelas STAD 82,9,
sedangkan rata-rata dari kelas GI 79,1 dan nilai sig (2-tailed) 0.003. Untuk hasil interaksi yang didapatkan
bahwa model kooperatif tipe GI hasil interaksi siswa lebih baik dari pada tipe STAD, dengan perbedaan
hasil rata-rata prosentasi dari kelas GI yaitu 77% dan dari kelas STAD yaitu 60% dan didapatkan nilai t-
hitung 4.386, nilai df 73 dan nilai sig (2-tailed) 0.000, sehingga didapatkan nilai t-tabel 1,993 maka t-
hitung ? dari t-tabel.
Kata Kunci: GI, STAD, Interaksi, Hasil Belajar, Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dalam upaya pelestarian ekosistem