Perbedaan Interaksi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Semen Kediri Pada Materi Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dalam Upaya Pelestarian Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Grup Investigation (GI) dan Student Teams Achievement Division (STAD)


Author (Penulis)

SUCI ERVIRA PUSPITA ARUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0083

Abstract

ABSTRACK: Model pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk membimbing para siswa mendefinisikan suatu masalah dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode yang melibatkan siswa dan guru dalam pemecahan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan interaksi dan hasil belajar siswa dari dua model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Grup Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan secara quasi ekeperiment yang berdesain true eksperimental design dengan jenis Posttest-Only control design. Sampel penelitian diambil secara random yaitu kelas VIIC yang berjumlah 37 siswa dengan perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas VIID yang berjumlah 38 siswa dengan perlakuan model pembelajaran GI dari SMPN 1 Semen Kediri pada materi keanekaragam mahkluk hidup dalam upaya pelestarian ekosistem. Parameter yang diambil adalah interaksi belajar siswa yang diukur dengan lembar interaksi siswa dan hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest. Data yang diambil selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar yang diperoleh siswa lebih baik dibanding dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan rata-rata dari kelas STAD 82,9, sedangkan rata-rata dari kelas GI 79,1 dan nilai sig (2-tailed) 0.003. Untuk hasil interaksi yang didapatkan bahwa model kooperatif tipe GI hasil interaksi siswa lebih baik dari pada tipe STAD, dengan perbedaan hasil rata-rata prosentasi dari kelas GI yaitu 77% dan dari kelas STAD yaitu 60% dan didapatkan nilai t- hitung 4.386, nilai df 73 dan nilai sig (2-tailed) 0.000, sehingga didapatkan nilai t-tabel 1,993 maka t- hitung ? dari t-tabel. Kata Kunci: GI, STAD, Interaksi, Hasil Belajar, Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dalam upaya pelestarian ekosistem

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI