Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi, Berpikir Kritis, dan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas VIIi SMP Pawiyatan Daha 2 Kediri Materi Sistem Pernapasan Manusia.


Author (Penulis)

SITI LAILATUS SA'ADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0081

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri dilakukan dengan multistrategi. Kondisi tersebut menyebabkan kesadaran siswa dalam memecahkan masalah dan menerapkan konsep-konsep yang dipelajari ke dalam dunia nyata masih kurang. Menyikapi permasalahan tersebut dipilih model pembelajaran PBL. Diharapkan penerapan model tersebut mampu menumbuhkan kesadaran belajar siswa serta lebih aktif berpikir dan mengemukakan argumentasi terhadap permasalahan di sekitar mereka sehingga menimbulkan kesan yang mendalam dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan metakognisi, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas VIII SMP Pawiyatan Daha 2 Kediri. Jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan non-equivalent control groupdesign yang menggunakan satu kelas sebagai kontrol (multistrategi) dan satu kelas sebagai eksperimen (PBL). Digunakan beberapa instrumen untuk mendukung penelitian ini yaitu pengukuran keterampilan metakognisi, berfikir kritis dan argumentasi ilmiah menggunakan rubrik penilaian dalam bentuk tes awal dan akhir yang terintegrasi pada tes hasil belajar kognitif. Data keterampilan metakognisi, berpikir kritis, dan argumentasi ilmiah ditabulasi kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 16 for windows parametrik uji t. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil keterampilan metakognisi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (t.hit= 2,501>2,00665), (2) hasil berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (t.hit= 2,729> 2,00665), (3) hasil argumentasi ilmiah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (t.hit= 2,578> 2,00665). Disimpulkan bahwa hasil keterampilan metakognisi, argumentasi ilmiah, dan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI