PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS VII SMPN 1 SEMEN KEDIRI MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS MANUSIA
Author (Penulis)
SISKA AGUSTIANA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0080
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran IPA yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Semen Kediri masih didominasi oleh guru, sehingga kurang menarik minat dan perhatian siswa dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Semen Kediri yang diajar dengan model Group Investigation (GI) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan sampel kelas VII G dan VII H yang diambil secara acak. Kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar dengan model GI, sedangkan kelas VII H sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar dengan model STAD. Parameter yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa diukur menggunakan rubrik penilaian menurut Mulasiwi (2013), Ngatini (2012) dan Sari & Rahardi (2013), sedangkan hasil belajar diukur menggunakan tes hasil belajar. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung untuk keaktifan dan hasil belajar siswa masing-masing 3.682 dan 3.731 lebih besar dari pada ttabel (1.9994), yang berarti terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model GI dan STAD pada siswa kelas VII SMPN 1 Semen Kediri materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.