PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG SNOWBALL THROWING TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA POKOK MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RIZKI DWI NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0076

Abstract

PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG SNOWBALL THROWING TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA POKOK MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI Rizki Dwi Novitasari 11.1.01.06.0076 FKIP – UN PGRI KEDIRI Kikikikuk83@gmail.com Mumun Nurmilawati, S.Pd, M.Pd dan Nur Solikin, S.Pd., M.MA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembelajaran menggunakan model Group Investigation didukung Snowball throwing dan model Group Investigation terhadap keterampilan berpikir kritis dan keaktifan siswa. Metode penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperiment dengan desain true experimental design. Subyek penelitian ini yaitu kelas VII A berjumlah 27 siswa dan kelas VII C berjumlah 25 siswa SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran, instrumen berpikir kritis, instrumen keaktifan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan ketrampilan berpikir kritis siswa menggunakan model Group Investigation didukung Snowball throwing lebih baik dari pada pembelajaran menggunakan model Group Investigation. Dilihat dari hasil uji-t berpikir kritis didapatkan t-hitung ? t-tabel yaitu 2.490 ? 2.009, artinya terdapat perbedaan berpikir kritis antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Sedangkan untuk hasil keaktifan diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen I sebanyak 81 dengan kategori sangat baik dan kelas eksperimen II sebanyak 76 dengan kategori baik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penggunaan model pembelajaran Group Investigation didukung Snowball Throwing memiliki jumlah nilai ketrampilan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (2) penggunaan model pembelajaran Group Investigation didukung Snowball Throwing memiliki jumlah nilai keaktifan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Hal ini dikarenakan didalam model pembelajaran ini terdapat unsur permainan sehingga siswa lebih aktif dan tanggap selama proses pembelajaran, selain itu dalam model pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk lebih mengeksplore kemampuannya dalam memecahkan suatu permasalahan dengan saling kerjasama antar anggota kelompok. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir siswa lebih terlihat. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Group Investigation, Keaktifan, Ketrampilan, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Snowball throwing.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI