PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS inquiry dan Local Material MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI KELAS XI IPA MA AL MUSLIHUN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

RISKA ANDRIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0074

Abstract

Abstrak Riska Andriyani: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inquiry dan Local material Materi Pokok Sistem Koordinasi Kelas XI IPA MA Al Muslihun Tulungagung, Skripsi, Biologi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : LKS, Inquiry, local material Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah panduan bagi siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Salah satu kendala pembelajaran Biologi di kelas XI MA Al Muslihun Tulungagung digunakan isinya berupa rangkuman materi, contoh soal dan latihan soal. Kurang memperhatikan aspek keefektifan dan kemenarikan.Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan siswa untuk belajar biologi dengan efektif dan menyenangkan, maka dikembangkan LKS berbasis inquiry dan local material.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS system koordinasi berbasis inquiry dan local material yang layak dan efektif digunakan pada materi koordinasi kelas XI IPA. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Draf LKS yang dihasilkan pada tahap development di validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS secara umum layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi. LKS dikatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, media, guru dan siswa mendapat perolehan rata-rata skor penilaian berada pada selang75% - 100% dan 76% - 77,5% yang merupakankriteria valid dancukupvalidartinyatidakperludilakukanrevisi. Kefektifan LKS dapat dilihat dari sejauh mana siswa mengerjakan LKS dengan baik dan berdasarkan hasil belajar. Hasil tahap uji coba kelompok kecil diperoleh persentase nilai siswa dengan kriteria A sebanyak 5 orang artinya semua siswa memperoleh nilai > 90. Peningkatan nilai sebelum menggunakan LKS dan sesudah menggunakan LKS menunjukkan bahwa LKS efektif digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA MA Al MuslihunTulungagung, dengan kata lain LKS berbasis inquiry dan localmaterial dinyatakan layak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI